Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis yang Perlu Diketahui !

Saat ini, hosting gratis memang cukup diminati oleh sebagian pengguna internet. Dengan hosting gratis, anda bisa melakukan berbagai hal, misalnya membuat website, menjalankan script php, melakukan testing website, belajar menjalan wordpress, dan hal lainnya.

Meski tidak secepat hosting berbayar, hosting gratis bisa menjadi pilihan untuk seseorang yang baru pertama kali menggunakan hosting.

Namun, jika ingin lebih serius menggunakan hosting, saya sarankan gunakan hosting berbayar agar anda bisa menikmati fitur-fitur yang tidak tersedia di hosting gratis.

Apalagi jika ingin menjalankan program yang memerlukan space dan badwidth yang cukup besar, biasanya hosting gratis hanya memberikan sedikit saja.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting gratis, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan hosting gratis ya.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan, baik hosting gratis maupun berbayar keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Terlebih jika sudah berurusan dengan hosting, itu tergantung dari penyedia layanan hostingnya.

Karena kita sedang membahas terkait hosting gratis,lantas apa sih kelebihan dan kekurangan hosting gratis? Cek selengkapnya berikut ini.

Kelebihan Hosting Gratis

Terdapat beberapa kelebihan hosting gratis yang perlu anda ketahui. Hal ini dilakukan agar anda semakin yakin untuk menggunakan hosting gratis.

Tak Perlu Mengeluarkan Biaya

Yap, salah satu kelebihan hosting gratis adlaah anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.

Namun, fitur yang diberikan biasanya terbatas dan harus mengikuti syarat & ketentuan dari penyedia layanan hosting yang sedang anda gunakan.

Sudah disediakan Sub Domain

Sebagian penyedia layanan hosting gratis sudah menyiapkan sub domain gratis untuk penggunanya. Jadi sebagia pengguna, anda tidak perlu pusing harus membeli domain dan tak akan mengeluarkan biaya sedikit pun.

Pendaftaran Lebih Mudah

Biasanya pendaftaran akun di penyedia layanan hosting gratis terbilang lebih mudah. Cukup masukkan alamat email aktif, anda bisa mendapatkan hosting secara gratis.

Setelah berhasil login, anda akan diminta untuk memasukkan nama sub domainnya. Jika sudah, pengguna bisa langsung mengakses cpanel hosting tersebut.

Cocok Untuk Pemula

Memang hosting gratis ditujukan untuk pemula yang ingin menggunakan hosting tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun.

Namun tetap, fitur yang disediakan oleh penyedia hosting gratis tidak sebagus dengan penyedia layanan hosting berbayar.

Kekurangan Hosting Gratis

Setelah mengetahui beberapa kelebihan hosting gratis, tak adil rasanya jika saya tidak membahas kekurangan hosting gratis. Silahkan cek satu per satu terkait kekurangan hosting gratis dibawah ini.

Fitur Lebih Sedikit

Sudah saya singgung sebelumnya, fitur yang disediakan oleh hosting gratis biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan hosting berbayar.

Jadi harap maklumi saja, jika ingin mendapatkan fitur yang lebih bagus, silahkan upgrade hostingnya ke versi yang berbayar.

Kurangnya Support

Bagi pengguna hosting gratis, mungkin support yang diberikan oleh penyedia layanan hostingnya tidak akan sebagus dengan penyedian layanan hosting berbayar.

Jadi ketika website bermasalah, pasti anda meminta bantuan ke penyedia layanan hosting. Namun support yang diberikan oleh hosting gratis tidak semuanya bisa ditanggapi dengan cepat.

Space dan Bandwidth Terbatas

Yap, space dan badwidth yang diberikan biasanya sangat terbatas. Jadi sebagai pengguna, anda tidak bisa leluasa mengupload file yang ukurannya cukup besar.

Selain itu, jika jumlah pengunjung terus bertambah setiap saat, kapasitas server akan overload dan mengakibatkan website menjadi down.

Jadi, saya tidak menyarankan untuk menggunakan hosting gratis untuk keperluan website/blog yang memiliki jumlah pengunjung banyak.

Hosting gratis sangat cocok digunakan bagi anda yang ingin mempelajari bagian-bagian yang ada pada hosting.

Terdapat Batas Jumlah Pengunjung

Sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa beberapa penyedia layanan hosting gratis biasanya memiliki batasan jumlah pengunjung. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga agar server yang mereka kelola tidak overload.

Keamanan Tidak Terjamin

Salah satu kekurangan hosting gratis yang perlu anda perhatikan adalah dari sisi keamanan.

Biasanya hosting gratis lebih rentan terkena serangan dari hacker karena sistem keamanan servernya yang kurang memadai.

Tidak Disarankan Untuk Project Serius

Nah ini yang paling penting, saya tidak menyarankan penggunaan hosting gratis untuk menjalankan project yang serius.

Karena space dan badwidth yang diberikan oleh hosting gratis sangatlah sedikit.

Lebih baik anda gunakan hosting berbayar saja untuk menjalankan project yang serius.

Karena space dan badwidth yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.


Kesimpulan

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan hosting gratis yang perlu anda ketahui.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting gratis, sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Menurut saya, hosting gratis sangat disarankan bagi pemula yang ingin mempelajari terkait hosting dan fitur-fitur di dalamnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, nantikan pembahasan menarik lainnya seputar hosting hanya di infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url