Mengenal Apa Itu Domain dan Hosting

Anda sedang ingin membuat website namun bingung harus mulai dari mana?

Nah, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dulu hal-hal mendasar yang harus diketahui sebelum membuat website. 

Ada dua hal yang cukup penting yang harus Anda ketahui yang berkaitan dengan website, di antaranya adalah domain dan hosting. 

Dua hal tersebut erat kaitannya dengan website, sehingga pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis supaya informasi yang diterima tidak setengah-setengah. Kalau begitu, yuk langsung simak ulasannya.

Pengertian Domain?

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah domain. Secara umum domain merupakan alamat yang digunakan untuk menemukan website Anda di Internet. 

Atau secara sederhana domain menunjukkan alamat website yang Anda miliki. Domain diasumsikan sebagai alamat fisik website yang Anda sudah buat. 

Domain dibuat untuk mengganti alamat IP yang merupakan kombinasi angka yang membentuk kode-kode, sehingga lebih sulit diingat. 

Sebuah domain juga memiliki 2 elemen utama, yaitu nama website dan ekstensi (akhiran nama website),seperti .com, .net, .org, dan lain-lain.

Jika diibaratkan sebuah bangunan, domain adalah alamat dari bangunan yang Anda miliki. Nah, tentu alamat setiap bangunan tidak sama bukan? 

Begitu juga dengan domain, alamat domain antara satu pengguna dan pengguna lainnya juga tidak sama. 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis yang Perlu Diketahui

Contoh sederhana yang mungkin bisa Anda pahami terkait domain, misalnya, Anda ingin mencari tentang bagaimana cara membuat kerajinan dari tanah liat. 

Tentu Anda akan mengetikkan kata kunci di mesin pencari tentang hal tersebut bukan? 

Nah, setelahnya mesin pencari akan menayangkan sejumlah alamat website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Alamat website yang muncul itulah yang disebut dengan domain.

Alamat domain lain yang sudah sangat familiar kita gunakan di antaranya seperti facebook.com; instagram.com; dan lain sebagainya.

Fungsi Domain

Dari beberapa penjelasan di atas, bisakah Anda menyebutkan apa fungsi domain? Ya tepat sekali, domain berfungsi untuk menentukan identitas dari website yang Anda miliki. 

Dengan menggunakan nama domain yang cocok untuk produk (website) Anda, bisnis atau usaha yang Anda jalankan bisa turut berkembang.

Namun, yang harus selalu diingat, setiap alamat domain website di dunia ini tidak ada yang sama satu dengan lainnya, sehingga Anda harus cermat dalam memilih alamat domain yang berbeda.

Ekstensi (akhiran) domain juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap website Anda. 

Baca Juga : Cara Hosting Ke Netlify, Gak Pake Lama

Saat anda begitu ingin menggunakan sebuah alamat domain dan ekstensi domain tertentu, misalnya akubaik.com namun nama tersebut sudah digunakan. 

Anda bisa mengganti ekstensi-nya ataupun mencari nama domain yang lain. Pastikan nama domain anda unik, menarik, serta mudah diingat. 

Jika dari penjelasan di atas, anda tertarik untuk membeli domain, maka Anda bisa langsung mengunjungi Jetorbit sebagai jasa penyedia domain yang terpercaya.

Pengertian Hosting?

Setelah mengetahui tentang apa itu domain, sekarang saatnya kita mencari tahu apa itu hosting. Secara umum, hosting merupakan tempat penyimpanan file atau data website yang Anda miliki. 

Dengan kata lain, hosting berperan layaknya adalah server yang berfungsi untuk membuat website Anda menjadi online, bisa diakses di manapun, dan bisa memproses perintah transaksi. 

Hosting inilah yang menjadi tempat menyimpan data digital Anda, seperti gambar, video, dan teks yang dimiliki oleh website Anda.

Baca Juga : 10 Hosting Web Statis Terbaik dan Gratis 2022

Jika domain diibaratkan sebagai alamat bangunan yang kita miliki, hosting diibaratkan sebagai tanah tempat bangunan didirikan atau pondasi sebuah bangunan. 

Saat ingin mendirikan bangunan, Anda pasti akan mencari kualitas tanah yang baik bukan? 

Nah, sama halnya dengan hosting. Untuk bisa mempunyai bangunan yang baik, dalam hal ini website, maka pemilihan tanah (hosting) juga harus tepat dan baik. 

Dikarenakan merupakan hal yang penting, pemilihan tanah (hosting) harus tepat dengan bangunan (website) yang Anda buat. Baca artikel tentang cara memilih hosting yang tepat.

Fungsi Hosting

Setelah mengetahui pengertian hosting, selanjutnya apa fungsi dari hosting itu sendiri? 

Ibaratkan Anda mempunyai produk, Anda sudah membuat produk tersebut sedemikian rupa dan Anda siap untuk menjual produk tersebut. 

Nah, agar bisa menarik perhatian orang lain terhadap produk Anda, tentu Anda perlu menyimpan produk-produk tersebut di sebuah bangunan bukan? Hal tersebut sama halnya dengan dengan hosting.

Jika Anda sudah memiliki sebuah website, tentu website Anda sudah siap untuk dikunjungi oleh para pengunjung bukan? 

Nah agar seluruh data dari website Anda tetap aman, maka website tersebut perlu disimpan pada sebuah hosting.

Baca Juga : Macam-Macam Domain Web dan Cara Memilihnya

Bagaimana Cara Memiliki Sebuah Hosting?

Selanjutnya, bagaimana cara dalam memilih sebuah hosting? Bagi Anda yang mungkin masih pemula, untuk memiliki sebuah hosting, Anda dapat memilih 2 cara berikut ini.  

  • Pertama, Anda bisa membuat hosting sendiri yang jika digambarkan kurang lebih akan seperti ini. Anda mempunyai sebuah produk (website) dan Anda siap untuk mempromosikan produk tersebut. Namun sebelum itu, Anda tentu membutuhkan lahan untuk menyimpan produk tersebut, bukan? Ibaratkan Anda mempunyai lahan kosong yang letaknya strategis lalu Anda menggunakan lahan tersebut dan mengelolanya sendiri sebagai tempat penyimpanan produk Anda. Nah, itulah gambaran cara pertama jika Anda ingin memiliki sebuah hosting, yaitu membuat perusahaan hosting Anda sendiri.
  • Kedua, Anda bisa menyewa hosting di penyedia layanan hosting. Cara ini akan lebih mudah karena ibaratnya Anda hanya perlu menyewa lahan yang disediakan, tanpa harus membelinya sendiri. Dalam hal ini, Anda tidak perlu berpikir tentang hal-hal yang terkait teknis, seperti pembangunan, tempat yang strategis, dan sebagainya. Anda cukup menyewa hosting kepada jasa layanan penyedia hosting dan Anda bisa mengelolanya sendiri. 

Baca Juga : 5 Plugin SEO yang Wajib Ada di Website

Saat ini, sudah banyak sekali jasa penyedia layanan hosting, salah satu yang terbaik di Indonesia adalah Jetorbit. 

Jetorbit menyediakan berbagai jenis paket hosting yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hosting yang baik adalah yang mempunyai produk lengkap, mudah dipahami sistemnya, dan handal ketika terjadi lonjakan traffic. 

Jadi, sudah tertarik membeli hosting dan domain untuk kebutuhan website Anda?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Nama Produk Harga Link Toko
Canon Pixma MG2570S All In One Rp. 632.000 Shopee
HP Deskjet Ink Advantage 2135 All-In-One Rp. 700.000 Shopee
Canon Pixma MP287 All In One Inkjet Rp. 1.005.000 Shopee
HP 2676 All In One WiFi Ink Advantage Rp..1.030.000 Shopee
Canon E410 Printer Pixma All In One Rp. 1.060.000 Shopee
Printer Canon Pixma MX497  Rp. 1.150.000 Shopee
Hp Deskjet Ink Advantage 3835 Rp. 1.400.000 Shopee
Fuji Xerox M115W Rp. 1.857.000 Shopee
Canon Pixma G3000 Rp. 2.600.000 Shopee
Brother DCP-T310 Ink Tank Refill All In One Rp. 2.651.000 Shopee
HP LaserJet Pro MFP M130nw Rp. 3.000.000 Shopee
HP Officejet 8710 Rp. 3.100.000 Shopee
HP Officejet 7612 Rp. 3.240.000 Shopee
Canon ImageClass Mf3010 Rp. 3.399.000 Shopee
EPSON L485 Rp. 3.400.000 Shopee
EPSON L385 Rp. 3.450.000 Shopee
Samsung SL-M2885FW All In One Rp. 3.472.000 Shopee
Epson L3110 All In One Ecotank Rp. 3.909.800 Shopee
Panasonic KX - MB 2235 Rp. 4.125.000 Shopee
Epson L565 Wi-Fi All-In-One Ink Tank Rp. 4.450.000 Shopee
BROTHER MFC- J200 Rp. 5.847.000 Shopee
BROTHER MFC-J3720 Rp. 8.391.000 Shopee