5 Plugin SEO yang Wajib Ada di Website

Agar bisa mengoptimalkan SEO untuk sebuah halaman situs website. Tentu harus ada beberapa plugin yang digunakan atau install agar memudahkan mendapatkan peringkat di mesin pencarian. Dan berikut ini beberapa plugin SEO yang wajib ada di website. 

Apa itu plugin SEO?

Perlu kamu pahami terlebih dahulu bahwa plugin adalah add-on perangkat lunak yang diinstal pada suatu program untuk meningkatkan kemampuannya. 

Misalnya, jika kamu ingin menonton video di situs web, mungkin akan membutuhkan untuk melakukannya. Jika plugin tidak diinstal, browser tidak bisa memutar video tersebut. 

Sedangkan, SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization di mana sebuah proses untuk meningkatkan peringkat situs website di mesin pencari seperti Google. 

Semakin baik visibilitas halaman website dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan untuk menarik perhatian user atau pengguna internet.

Jadi, sederhananya plugin SEO adalah ekstensi untuk sistem manajemen konten, browser, dan solusi perangkat lunak. 

Plugin SEO ini dapat memperluas cakupan perangkat lunak dengan tugas dan fungsi khusus yang memengaruhi pengoptimalan mesin pencari, analisis web, pemasaran online, dan aspek lainnya.

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya, kamu bisa temukan shared hosting murah hanya di DomaiNesia. 

Plugin SEO apa saja yang harus ada di website?

1. All in One SEO for WordPress (AIOSEO)

Ini adalah plugin SEO WordPress terbaik dan telah digunakan oleh lebih dari 2 juta pengguna. AIOSEO adalah toolkit SEO paling komprehensif membantu meningkatkan peringkat pencarian tanpa harus mempelajari poin-poin yang rumit.

Muncul dengan wizard termudah, secara otomatis dapat membantu kamu memilih pengaturan SEO terbaik untuk bisnis. 

AIOSEO menunjukkan analisis pada halaman TruSEO dengan daftar periksa yang dapat ditindaklanjuti untuk mengoptimalkan posting dan halaman website.

Plugin ini juga dilengkapi dengan markup skema snippet, XML sitemap, SEO health check, dan fitur berguna lainnya untuk meningkatkan visibilitas website milikmu di mesin pencari.

Ada integrasi media sosial bawaan untuk menambahkan metadata Open Graph juga. Ini berarti kamu dapat memilih gambar atau thumbnail mana yang ingin ditampilkan ketika halaman dibagikan di situs web media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain-lain.

AIOSEO juga dilengkapi dengan alat SEO WooCommerce bawaan untuk situs eCommerce. Ini dilengkapi dengan fitur seperti product page optimizations, product image SEO, dan fitur berguna lainnya untuk membawa lebih banyak traffic organik ke toko online.

Secara keseluruhan, All in One SEO (AIOSEO) adalah plugin SEO WordPress yang paling mudah digunakan untuk pemula dan komprehensif di pasaran. 

Ini berfungsi sempurna untuk semua jenis bisnis, eCommerce, blog, berita, dan situs web lainnya.

2. YOAST SEO

Yoast SEO adalah plugin WordPress paling populer yang membantu untuk mengoptimalkan situs WordPress agar bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari.

Ini memudahkan kamu untuk menambahkan judul dan deskripsi SEO ke semua posting serta halaman di situs web. 

Kamu juga dapat menggunakannya untuk menambahkan metadata Open Graph dan gambar media sosial ke artikel.

Yoast SEO secara otomatis menghasilkan XML sitemap untuk semua konten sehingga memudahkan mesin pencari untuk menelusuri situs web milikmu. 

Selain itu, juga memudahkan kamu untuk mengimpor data SEO jika telah menggunakan plugin SEO lain.

3. Redirection

Redirection membantu untuk mengatur pengalihan SEO di WordPress. Ini adalah salah satu plugin WordPress paling berguna yang dapat memperbaiki kesalahan 404 di WordPress dengan mengatur redirects.

Tautan rusak dapat memengaruhi SEO situs website dan menciptakan pengalaman buruk bagi pengguna. 

Jika kamu telah menjalankan blog selama beberapa waktu, maka ada baiknya memeriksa situs dari waktu ke waktu untuk menemukan tautan yang rusak dan dapat segera memperbaikinya.

Ada beberapa cara untuk menemukan tautan rusak dengan mudah di WordPress. Salah satunya dengan mengarahkan pengguna ke tautan yang benar atau menghapus tautan yang salah.

4. XML sitemap

Banyak plugin SEO WordPress all-in-one akan secara otomatis membuat XML sitemap untuk situs website. 

Namun, umumnya ada juga sebagian orang yang tidak berencana menggunakan salah satu tools tersebut, sehingga dapat mengoptimalkan konten tanpa bantuan. 

Dan dalam hal ini, kamu masih dapat memanfaatkan plugin yang menangani pembuatan sitemap. Plugin XML sitemap adalah plug-and-play

Setelah mengaktifkan plugin, kamu dapat mengonfigurasi apakah itu dapat memberitahu mesin pencari tentang setiap pembaruan ke situs web. Kemudian juga memiliki opsi untuk membuat sitemap dalam format HTML.

Selain pengaturan dasar tersebut, plugin akan secara otomatis menghasilkan sitemap lengkap untuk situs web. 

5. Broken Link Checker

SEO bukan hanya tentang mengisi halaman dan posting dengan keyword tertentu. Ini juga bukan hanya tentang membuat konten yang dapat dibaca oleh user. 

Salah satu cara untuk bisa tetap bersaing dengan website lainnya adalah dengan menelusuri situs milikmu sendiri untuk menghapus tautan yang rusak. 

Saat Google melihat tautan yang rusak atau halaman 404, berarti akan dianggap sebagai pengalaman pengguna yang kurang diinginkan. 

Dalam memperbaiki atau mencari tautan mana saja yang rusak mungkin membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Namun, kini tak perlu lagi seperti itu karena ada broken link checker.

Plugin yang satu ini dapat memindai semua tautan yang rusak dalam beberapa menit. Daftar diisi dengan tautan yang dimaksud, sehingga kamu dapat membuka dan menghapus atau mengubahnya menjadi referensi yang lebih baik. 

Baca Juga : jasa SEO murah

Setelah tautan diperbaiki, daftar akan kosong, dan Google melihat bahwa kamu mampu memelihara situs dengan cukup baik.

Itulah beberapa plugin SEO yang wajib ada di website. Jadi, selain menghasilkan berbagai konten dengan kualitas yang baik, kamu juga harus bisa mengoptimalkan dan mengelola halaman website dengan baik. Caranya bisa menggunakan beberapa plugin SEO di atas. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url