Cara Hosting Ke Netlify, Gak Pake Lama !

Salah satu web hosting statis yang bisa kamu gunakan untuk mendeploy project kamu adalah netlify. Kali ini, saya akan menjelaskan cara hosting ke netlify. Tentu cara hosting ke netlify ini bisa kamu ikuti dengan mudah di infokuy. Pastikan kamu mengikuti cara hosting ini sampai akhir ya.

Cara Hosting Ke Netlify

Web hosting statis sendiri biasanya digunakan untuk mendeploy project HTML, CSS dan Javascript. Salah satu web hosting statis yang sering digunakan adalah Netlify. Selain gratis, Netlify sangat mudah dari cara menghosting projectnya ke Netlify.

Yang menarik dari hosting Netlify adalah kamu akan mendapatkan SSL secara gratis dan mendapatkan subdomain dari Netlify. Selain Netlify, ada juga web hosting statis yang bisa kamu gunakan adalah Github Pages. Untuk cara hosting di github pages bisa kamu ikuti disini.

Oh iya, saya sudah menguji untuk deploy project ReactJS dan ternyata berhasil. Karena ReactJS sendiri merupakan library yang digunakan untuk membuat user interface yang lebih interaktif.

Tak perlu berlama - lama lagi, langsung aja kuy masuk ke cara hosting di netlify versi infokuy. Memang ada beberapa cara untuk menghosting di netlify, namun saya akan menggunakan cara termudahnya. Berikut pembahasan lengkapnya.


Cara Hosting di Netlify

Memang ada beberapa cara untuk menghosting di netlify, namun saya fokus menggunakan cara termudahnya. Pastikan kamu mendaftar terlebih dahulu ke Netlify sebelum menggunakannya. Berikut langkah - langkah pembuatan akun di netlify.

Cara Register di Netlify

Silahkan buka browser terlebih dahulu, lalu masuk ke form registrasi website Netlify. Jika sudah masuk ke halaman registrasinya, nanti akan ada beberapa piilhan untuk melakukan pendaftaran akunnya. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat gambar dibawah ini.

Cara Register di Netlify #1

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk registrasi akun ke Netlify. Bisa menggunakan akun Github, Gitlab, Bitbucket atau Email

Dalam tutorial hosting netlify ini, saya akan menggunakan opsi Email saja untuk registrasi akunnya. Untuk melanjutkan proses pembuatan akun Netlifynya, klik pada bagian menu Email.

Tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke halaman registrasi akunnya. Nanti kamu akan diminta memasukkan email dan password. Pastikan email yang kamu daftarkan merupakan akun email yang aktif bukan fake, karena nantinya akan diminta untuk verifikasi akun email. 

Untuk pengisian password sendiri, pastikan kamu memasukkan password yang sulit dan tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Cara Register di Netlify #2

Kemudian tekan tombol Sign Up, nanti akan dialihkan kehalaman lain dan diminta untuk mengecek email yang kamu daftarkan sebelumnya. Jika kamu sudah memverifikasi akun tersebut, silahkan tekan tombol go to login screen.

Cara Login ke Netlify

Jika registrasi akun Netlify sudah berhasil kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah kamu tinggal login ke website Netlify. Pastikan akun tersebut sudah diverifikasi ya. Jika kamu lupa memverifikasi akunnya, silahkan buka email yang tadi kamu daftarkan sebelumnya. 

Cara Login ke Netlify

Silahkan masuk email dan password kemudian tekan tombol Log In untuk melanjutkan proses login ke websitenya.

Deploy Project ke Netlify

Setelah proses login berhasil, nanti kamu akan diarahkan ke halaman utama dari website Netlify. Terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan di website ini, namun kali ini saya akan fokus ke bagian menu Sites. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

dashboard website netlify

Klik pada menu Sites. Jika sudah masuk ke halaman Sites, pastikan kamu sudah menyiapkan project HTML, CSS dan Javascript yang ingin kamu deploy agar bisa diakses secara online.

Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tulisan want to deploy a new site without connetic to Git ? Drag and drop your site folde here.

deploy project ke netlify

Nah pada bagian tersebut, drag and drop folder project kamu dari file manager ke menu tersebut. Tunggu beberapa saat sampai proses deploy selesai. Pada saat deploy project, semua aktivitasnya dilakukan secara otomatis dan kamu hanya tinggal menunggu saja.

atur nama domain custom di netlify #1

Setelah proses deploy projectnya selesai, bisa kamu lihat pada gambar diatas bahwa nama domain milik kamu masih acak. Untuk menyetting nama domain project kamu sesuai keinginan, masuk ke,menu Domain Settings. Jika sudah dipilih, scroll kebawah sampai kamu menemukan menu seperti pada gambar dibawah ini.

atur nama domain custom di netlify #2

Lalu pilih menu Options untuk merubah nama domainnya. Nanti akan muncul Pop Up untuk mengganti nama domain sesuai keinginan kamu, jika sudah tekan tombol Save Changes.

Lihat Hasilnya

lihat hasil deploy project di netlify

Bisa kamu lihat sekarang nama domain project kamu sudah berubah sesuai yang kamu tulis tadi. Untuk melihat hasil project kamu, bisa mengetikkan nama domainnya atau menekan tombol seperti pada gambar. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke website project yang kamu deploy sebelumnya di Netlify.


Penutup

Berikut pembahasan mengenai cara hosting ke Netlify yang bisa kamu ikuti. Bagaimana menurut kamu mengenai cara hosting ke netlify diatas, apakah mudah untuk kamu ikuti ? Menurut saya cara hosting ke netlify diatas merupakan cara yang paling mudah. 

Karena ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghosting ke netlify, bisa menggunakan netlify-cli dan menghubungkan repo dari github, bitbucket atau gitlab ke Netlify milik kamu.

Dari ketiga cara diatas, langsung drag and drop project merupakan cara hosting ke netlify yang paling mudah untuk dilakukan.

Namun, jika kamu sudah paham menggunakan github, bitbucket atau gitlab, tidak ada salahnya menggunakan salah satu dari ketiga tersebut untuk mendeploy project ke Netlify. Saya juga sudah menulis rekomendasi hosting web statis gratis yang bisa kamu gunakan.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hosting hanya di infokuy.

Restu Kersana Calon Jenazah, pengen hidup enak tapi gini - gini aja.

Belum ada Komentar untuk "Cara Hosting Ke Netlify, Gak Pake Lama ! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel