Cara Hosting ke Netlify: Tutorial Terlengkap dan Mudah Dipahami

Salah satu web hosting statis yang bisa kamu gunakan untuk mendeploy project kamu adalah netlify. Kali ini, saya akan menjelaskan cara hosting ke netlify. 

Tentu cara hosting ke netlify ini bisa kamu ikuti dengan mudah di infokuy. Pastikan kamu mengikuti cara hosting ini sampai akhir ya.

Web hosting statis sendiri biasanya digunakan untuk mendeploy project HTML, CSS dan Javascript. 

Salah satu web hosting statis yang sering digunakan adalah Netlify. Selain gratis, Netlify sangat mudah dari cara menghosting projectnya ke Netlify.

Yang menarik dari hosting Netlify adalah kamu akan mendapatkan SSL secara gratis dan mendapatkan subdomain dari Netlify. 

Selain Netlify, ada juga web hosting statis yang bisa kamu gunakan adalah Github Pages. Untuk cara hosting di github pages bisa kamu ikuti disini.

Oh iya, saya sudah menguji untuk deploy project ReactJS dan ternyata berhasil. Karena ReactJS sendiri merupakan library yang digunakan untuk membuat user interface yang lebih interaktif.

Tak perlu berlama - lama lagi, langsung aja kuy masuk ke cara hosting di netlify versi infokuy. Memang ada beberapa cara untuk menghosting di netlify, namun saya akan menggunakan cara termudahnya. Berikut pembahasan lengkapnya.

Cara Hosting di Netlify

Memang ada beberapa cara untuk menghosting di netlify, namun saya fokus menggunakan cara termudahnya.

Pastikan kamu mendaftar terlebih dahulu ke Netlify sebelum menggunakannya. Berikut langkah - langkah pembuatan akun di netlify.

Baca Juga : Cara Membuat Form Login Menarik Dengan HTML & CSS

Cara Register di Netlify

Silahkan buka browser terlebih dahulu, lalu masuk ke form registrasi website Netlify. Jika sudah masuk ke halaman registrasinya, nanti akan ada beberapa piilhan untuk melakukan pendaftaran akunnya. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat gambar dibawah ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk registrasi akun ke Netlify. Bisa menggunakan akun Github, Gitlab, Bitbucket atau Email

Dalam tutorial hosting netlify ini, saya akan menggunakan opsi Email saja untuk registrasi akunnya. Untuk melanjutkan proses pembuatan akun Netlifynya, klik pada bagian menu Email.

Tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke halaman registrasi akunnya. Nanti kamu akan diminta memasukkan email dan password. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Domain dan Hosting

Pastikan email yang kamu daftarkan merupakan akun email yang aktif bukan fake, karena nantinya akan diminta untuk verifikasi akun email. 

Untuk pengisian password sendiri, pastikan kamu memasukkan password yang sulit dan tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Kemudian tekan tombol Sign Up, nanti akan dialihkan kehalaman lain dan diminta untuk mengecek email yang kamu daftarkan sebelumnya. Jika kamu sudah memverifikasi akun tersebut, silahkan tekan tombol go to login screen.

Baca Juga : Cara Membuat Web Responsive Dengan HTML dan CSS

Cara Login ke Netlify

Jika registrasi akun Netlify sudah berhasil kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah kamu tinggal login ke website Netlify. 

Pastikan akun tersebut sudah diverifikasi ya. Jika kamu lupa memverifikasi akunnya, silahkan buka email yang tadi kamu daftarkan sebelumnya. 

Silahkan masuk email dan password kemudian tekan tombol Log In untuk melanjutkan proses login ke websitenya.

Baca Juga : Macam-Macam Domain Web dan Cara Memilihnya

Deploy Project ke Netlify

Setelah proses login berhasil, nanti kamu akan diarahkan ke halaman utama dari website Netlify. 

Terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan di website ini, namun kali ini saya akan fokus ke bagian menu Sites. Untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Klik pada menu Sites. Jika sudah masuk ke halaman Sites, pastikan kamu sudah menyiapkan project HTML, CSS dan Javascript yang ingin kamu deploy agar bisa diakses secara online.

Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tulisan want to deploy a new site without connetic to Git ? Drag and drop your site folde here.

Nah pada bagian tersebut, drag and drop folder project kamu dari file manager ke menu tersebut. Tunggu beberapa saat sampai proses deploy selesai. 

Pada saat deploy project, semua aktivitasnya dilakukan secara otomatis dan kamu hanya tinggal menunggu saja.

Setelah proses deploy projectnya selesai, bisa kamu lihat pada gambar diatas bahwa nama domain milik kamu masih acak. 

Untuk menyetting nama domain project kamu sesuai keinginan, masuk ke,menu Domain Settings. Jika sudah dipilih, scroll kebawah sampai kamu menemukan menu seperti pada gambar dibawah ini.

Lalu pilih menu Options untuk merubah nama domainnya. Nanti akan muncul Pop Up untuk mengganti nama domain sesuai keinginan kamu, jika sudah tekan tombol Save Changes. Itulah cara custom domain di netlify yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan ekstensi domain bawaan dari netlify.

Lihat Hasilnya

Bisa kamu lihat sekarang nama domain project kamu sudah berubah sesuai yang kamu tulis tadi. Untuk melihat hasil project kamu, bisa mengetikkan nama domainnya atau menekan tombol seperti pada gambar. Secara otomatis kamu akan diarahkan ke website project yang kamu deploy sebelumnya di Netlify.

Baca Juga : 10 Hosting Web Statis Terbaik dan Gratis

Cara Menghapus Site di Netlify

Sebenarnya mudah saja lho cara menghapus site di netlify. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, pilih site yang ingin dihapus dari netlify
  • Pada halaman Site Overview terdapat button Site Settings
  • Klik tombol tersebut untuk melakukan proses penghapusan situsnya
  • Scroll ke bawah sampai menemukan tombol Delete this site
  • Kami akan diminta memasukkan nama situs berdasarkan contoh di bawah kolom inputan
  • Untuk melanjutkan proses penghapusan, tekan tombol Delete
  • Selamat, kamu telah berhasil menghapus site di netlify dengan cepat

Baca Juga : 5 Plugin SEO yang Wajib Ada di Website

Penutup

Berikut pembahasan mengenai cara hosting ke Netlify yang bisa kamu ikuti. Bagaimana menurut kamu mengenai cara hosting ke netlify diatas, apakah mudah untuk kamu ikuti ? 

Menurut saya cara hosting ke netlify diatas merupakan cara yang paling mudah. 

Karena ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghosting ke netlify, bisa menggunakan netlify-cli dan menghubungkan repo dari github, bitbucket atau gitlab ke Netlify milik kamu.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis yang Perlu Diketahui

Dari ketiga cara diatas, langsung drag and drop project merupakan cara hosting ke netlify yang paling mudah untuk dilakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis yang Perlu Diketahui

Namun, jika kamu sudah paham menggunakan github, bitbucket atau gitlab, tidak ada salahnya menggunakan salah satu dari ketiga tersebut untuk mendeploy project ke Netlify. 

Saya juga sudah menulis rekomendasi hosting web statis gratis yang bisa kamu gunakan.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hosting hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url