Rumus Lightroom Urbex - Preset Kekinian Yang Bisa Kamu Coba !

Sunday, April 12, 2020 : April 12, 2020

0 komentar

Konten [Tampil]
Yo sobat Lightroom, kali ini infokuy akan membuat tutorial lightroom lagi. Pada artikel sebelumnya, infokuy sudah membagikan tutorial cara edit foto aqua and brown. Kali ini, infokuy akan membagikan rumus lightroom urbex.

Kalian pasti pernah dong melihat foto urbex di instagram atau di media sosial lainnya. Memiliki ciri khas foto yang hype dengan nuansa gelap dan fokus terhadap objek dalam foto. Preset urbex sangat cocok digunakan untuk foto yang kekinian dan spot foto yang keren  contoh di sebuah bagunan tua, jalanan, dan spot foto lainnya. Kesan pertama saat melihat foto dengan  preset urbex mungkin kuat, keren, dan hype.

Rumus Lightroom Urbex
Berbeda jauh dengan preset aqua and brown, preset urbex ini tidak memerlukan pencahayaan yang terang. Fokus membuat objek lebih menonjol dari background fotonya dan membuat suasana lebih gelap. Biasanya preset urbex sering dipadukan dengan warna orange atau silver. Hal terpenting dari preset urbex ini harus membuat foto terlihat lebih hype lagi.

Bagi yang sering hunting foto pastinya memiliki stok foto yang cocok untuk dipadukan dengan preset urbex. Apakah kalian sudah mencoba preset urbex ? Jika belum saya sarankan untuk mencoba preset yang satu ini.  Infokuy juga membagikan berbagai preset menarik lain yang bisa kalian ikuti dengan mudah.

Apabila kalian mengikuti tutorial lightroom sebelumnya di infokuy, saya tidak pernah bosan memberitahu bahwa saya menggunakan aplikasi lightroom versi terbarunya. Oh iya, disini saya menggunakan aplikasi lightroom yang gratisnya, jika kalian ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik saya sarankan upgrade aplikasi lightroomnya menjadi yang premium.

Rumus Lightroom Urbex

Sebelum masuk ke tutorial membuat rumus lightroom urbex, saya tekankan bahwa setiap foto memiliki warna bawaan foto yang berbeda – beda. Jika foto yang dihasilkan tidak seperti pada contoh, mungkin warna bawaan fotonya berbeda. Tapi jangan khawatir, kalian harus menyesuaikan sedikit demi sedikit hasilnya bisa maksimal.

Tutorial lightroom di infokuy difokuskan untuk pengguna mobile. Namun bagi pengguna lightroom pc pun bisa mengikuti tutorial ini bahkan fitur yang diberikan pun lebih banyak di lightroom pc.

Pertama – tama, masuk ke app lightroomnya, pilihlah foto yang kalian inginkan. Usahakan resolusi foto tinggi agar foto tidak pecah dan mendapatkan hasil yang maksimal saat di export nanti.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Setelah itu, setting bagian CURVE, ikuti seperti pada gambar atau kalian bisa mengeskplornya sendiri.

LIGHT & CURVE - Rumus Lightroom Urbex
Exposure : -0.26EV

Contrast : -2

Highlights : -63

Shadows : 59

Whites : -51

Blacks : 48

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.
COLOR & MIX - Rumus Lightroom Urbex
MIX - Rumus Lightroom Urbex

Temp : 0

Tint : 0

Vibrance : 40

Saturation :  2


Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Terakhir masuk kedalam menu Split Tone, setting bisa dilihat seperti pada gambar.

EFFECT & Split Tone - Rumus Lightroom Urbex
Texture : 26

Clarity : 34

Dehaze : 0

Vignatte : -15

Midpoint : 69

Feather : 85

Roundness : 34


Penjelasan :

Foto yang saya gunakan untuk membuat preset urbex ini memiliki kecerahan yang cukup tinggi, oleh karean itu saya turunkan Exposurenya menjadi -0.26EV agar terlihat lebih gelap. Mainkan juga shadow, vibration dan mix nya agar hasilnya bisa mencapai ekspetasi kalian. Jika hasil dari preset tidak sesuai seperti pada gambar, mungkin karena perbedaan warna bawaan foto.

Foto Original

Before Edit Rumus Lightroom Urbex

Sesudah di beri efek Urbex

After Edit Rumus Lightroom Urbex

Sebelum mengakhiri tutorial membuat rumus lightroom urbex, saya hanya memberikan gambaran untuk kalian dalam membuat preset urbex. Jika dirasa preset yang saya buat masih jauh dari kata bagus, mohon untuk dikoreksi. Saya pun masih belajar untuk membuat preset yang keren dan menarik.

Jasa Edit Foto Lightroom Murah

Penutup

Itulah ulasan mengenai rumus lightroom urbex yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved