2 Rumus Lightroom Urbex Keren | Freemium Preset

Yo sobat Lightroom, kali ini infokuy akan membuat tutorial lightroom lagi. Pada artikel sebelumnya, infokuy sudah membagikan tutorial cara edit foto aqua and brown. Kali ini, infokuy akan membagikan rumus lightroom urbex.

Kalian pasti pernah dong melihat foto urbex di instagram atau di media sosial lainnya. Memiliki ciri khas foto yang hype dengan nuansa gelap dan fokus terhadap objek dalam foto. 

Rumus urbex sangat cocok digunakan untuk foto yang kekinian dan spot foto yang keren. 

Contoh di sebuah bagunan tua, jalanan, dan spot foto lainnya. Kesan pertama saat melihat foto dengan preset urbex mungkin kuat, keren, dan hype.

Berbeda jauh dengan preset aqua and brown, preset urbex ini tidak memerlukan pencahayaan yang terang. 

Fokus membuat objek lebih menonjol dari background fotonya dan membuat suasana lebih gelap. 

Biasanya pembuatan rumus lightroom urbex sering dipadukan dengan warna orange atau silver. Hal terpenting dari preset urbex ini harus membuat foto terlihat lebih hype lagi.  

Nih infokuy bagiin preset lightroom premium yang bisa kamu dapatkan secara gratis untuk menambah kolesi preset lightroom milik kamu.

Bagi yang sering hunting foto pastinya memiliki stok foto yang cocok untuk dipadukan dengan preset urbex. Apakah kalian sudah mencoba preset urbex ? Jika belum saya sarankan untuk mencoba preset urbex buatan infokuy

Infokuy juga membagikan berbagai preset menarik lain yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Jika malas mengikuti tutorial lightroomnya, saya menyediakan jasa lightroom yang bisa kamu gunakan.

Apabila kalian mengikuti tutorial lightroom sebelumnya di infokuy, saya tidak pernah bosan memberitahu bahwa saya menggunakan aplikasi lightroom versi terbarunya. 

Oh iya, disini saya menggunakan aplikasi lightroom yang gratisnya, jika kalian ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik saya sarankan upgrade aplikasi lightroomnya menjadi yang premium.


Rumus Lightroom Urbex

Sebelum masuk ke pembuatan rumus lightroom urbex, saya tekankan bahwa setiap foto memiliki warna bawaan foto yang berbeda – beda. 

Jika foto yang dihasilkan tidak seperti pada contoh, mungkin warna bawaan fotonya berbeda. Tapi jangan khawatir, kalian harus menyesuaikan sedikit demi sedikit hasilnya bisa maksimal.

Tutorial lightroom di infokuy difokuskan untuk pengguna mobile. Namun bagi pengguna lightroom pc pun bisa mengikuti tutorial ini bahkan fitur yang diberikan pun lebih banyak di lightroom pc.

Pertama – tama, masuk ke app lightroomnya, pilihlah foto yang kalian inginkan. Usahakan resolusi foto tinggi agar foto tidak pecah dan mendapatkan hasil yang maksimal saat di export nanti.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Setelah itu, setting bagian CURVE, ikuti seperti pada gambar atau kalian bisa mengeskplornya sendiri.


Exposure : -0.26EV

Contrast : -2

Highlights : -63

Shadows : 59

Whites : -51

Blacks : 48

Masuk kedalam menu COLOR, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

Temp Tint Vibrance Saturation
0 0 40 2

Masuk kedalam menu MIX, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar.

Color Hue Saturation Luminance
Red 15 3 30
Orange 10 10 85
Yellow 100 -100 9
Green 75 -100 0
Aqua 0 0 0
Blue 0 -100 24
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Masuk kedalam menu EFFECT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. 

Texture Clarity Dehaze Vignette Midpoint Feather Roughness Highlights
26 34 0 -15 69 85 34 25

Terakhir masuk kedalam menu Split Tone, setting bisa dilihat seperti pada gambar.

H S
Highlights 0 0
Shadows 248 14

Penjelasan :

Foto yang saya gunakan untuk membuat preset urbex ini memiliki kecerahan yang cukup tinggi, oleh karean itu saya turunkan Exposurenya menjadi -0.26EV agar terlihat lebih gelap. 

Mainkan juga shadow, vibration dan mix nya agar hasilnya bisa mencapai ekspetasi kalian. Jika hasil dari preset tidak sesuai seperti pada gambar, mungkin karena perbedaan warna bawaan foto. 

Sebelum mengakhiri pembuatan rumus lightroom urbex, saya hanya memberikan gambaran untuk kalian dalam membuat preset urbex. 

Jika dirasa preset yang saya buat masih jauh dari kata bagus, mohon untuk dikoreksi. Saya pun masih belajar untuk membuat preset yang keren dan menarik.

Rumus Lightroom Urbex V2

Selanjutnya saya akan membagikan rumus lightroom urbex v2. Berikut settingan lightroomnya dibawah ini :

LIGHT

Exposure Contrast Highlights Shadows Blacks Whites
0.00EV 40 -100 52 -70 25

COLOR

Temp Tint Vibrance Saturation
-4 0 -10 25

MIX

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 0 0
Orange 1 -45 55
Yellow 10 -100 20
Green 0 -100 5
Aqua 0 -100 0
Blue 0 -70 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

EFFECT

Texture Clarity Dehaze Vignette Midpoint Feather Roughness
40 25 10 -10 29 60 -40

Split Tone

H S
Highlights 223 16
Shadows 217 2

Balance : -60

Penutup

Itulah ulasan mengenai rumus lightroom urbex yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. 

Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url