TUTORIAL Edit Dark Vintage Lightroom | Freemium Preset

Hallo sobat lightrroom, selamat datang kembali di infokuy.net. Pada artikel sebelumnya, saya telah membagikan tutorial edit black and brown lightroom. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial edit dark vintage lightroom.

Preset dark vintage memiliki warna yang khas yakni foto terlihat jadul dengan kesan warna tua ditambah dengan suasana foto yang agak gelap. 

Rumus lightroom dark vintage ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kalian yang suka dengan foto yang memiliki kesan jadul atau tua.

Pembuatan preset dark vintage pada tutorial kali ini, warna objek utama dibuat menyatu dengan background foto. 

Namun kesan foto masih terlihat keren  meskipun warna foto yang ditimbulkan tidak menojol seperti  preset deep moody. Berikut adalah hasil dari penggunanaan preset dark vintage.

Karena konsep preset ini adalah dark vintage, jadi efek gelap di dalam foto harus terlihat.  

Penggunaan warna hitamnya pun tidak usah berlebihan, dengan mengatur bagian menu vignette kalian akan mendapatkan efek gelap untuk memperindah suasana foto.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan preset ini untuk kebutuhan feed instagram kalian. Warna yang dihasilkan tidak terlalu mencolok dan enak untuk dipandang. 

Dengan menggunakan preset dark vintage ini, mungkin feed instagram kalian akan lebih menarik dibandingkan dengan sebelumnya. 

Nih, dapetin juga preset lightroom premium buatan infokuy agar koleksi preset lightroom kamu semakin beragam.

Bagi kamu yang baru mempelajari aplikasi lightroom, saya juga sudah menyediakan tutorial lightroom yang bisa kamu ikuti. Materi yang akan saya bahas akan sangat rinci dan mudah untuk dipahami.

Tutorial Edit Dark Vintage Lightroom

Sebelum masuk ke dalam tutorial edit dark vintage lightroomnya, saya tekanka terlebih dahulu bahwa setiap foto yang kalian gunakan dalam pembuatan preset lightroom memiliki warna bawaan yang berbeda – beda. 

Jika hasilnya tidak sesuai keinginan kalian, mungkin settingan tersebut kurang pas dan harus disesuaikan sedikit demi sedikit. Tenang, rumus lightroom yang saya bagikan ini pastinya sangat menarik untuk kalian gunakan.

Rumus Dark Vintage Lightroom

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut kebagian menu CURVE.


Exposure : 0.00EV

Contrast : -30

Highlights : -70

Shadows : 55

Whites : -20

Blacks : 30

Masuk kedalam menu COLOR

Temp Tint Vibrance Saturation
10 -10 10 -20

Masuk kedalam menu MIX

Color Hue Saturation Luminance
Red -40 -20 30
Orange -10 -20 20
Yellow -80 -50 0
Green 0 -81 0
Aqua 0 -80 0
Blue -30 -70 0
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Masuk kedalam menu EFFECT

Texture Clarity Dehaze Vignette Midpoint Feahter Roughness
0 20 45 -20 30 70 25

Masuk kedalam menu Split Tone

H S
Highlights 55 6
Shadows 360 7

Terakhir masuk kedalam menu DETAIL

Sharpening Color Noise Reduction
30 60

Penjelasan :

Pembuatan preset dark vintage pada tutorial kali ini, efek yang dibuat harus terlihat agak gelap diujung foto agar kesan gelapnya dapat. 

Disini saya hanya berbagi preset lightroom, meski hasilnya kurang memuaskan mohon dimaklum karena masih sama – sama belajar. Untuk itu tetap mengeksplor lagi agar hasiinya bisa lebih baik.


Penutup

Itulah ulasan mengenai tutorial edit dark vintage lightroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url