Tutorial Edit Deep Moody Lightroom | Freemium Preset

Selamat datang sobat lightroom, pada artikel sebelumnya infokuy sudah membuat preset black and brown yang memiliki ciri khas foto yang tidak menonjol dan terkesan mendalam. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tutorial edit deep moody lightroom.

Preset deep moody bisa saja diimplementikan untuk berbagai jenis foto, namun hasilnya akan kurang maksimal jika tidak disesuaiakan kembali dengan keadaan fotonya. 

Saya rekomendasikan gunakan preset ini untuk foto dengan kecerahaan tidak terlalu gelap dan background foto dengan tema alam. 

Pastikan kamu memahami terlebih dahulu aplikasi lightroom, saya sudah membuat tutorial lightroom untuk pemula di blog ini.

Oh iya, disini saya juga masih belajar dalam membuat preset lightroom, jika efek yang dihasilkan kurang memuaskan mohon dimaklum. Berikut adalah hasil dari preset deep moody yang bisa kalian lihat dibawah ini.

Tidak berbeda jauh dengan preset black and brown yang menggunakan warna hitam sebagai pendukung dalam pembuatan preset ini. 

Preset deep moody memiliki kesan yang sangat mendalam, mungkin ini keunggulan preset yang memiliki tingkat kecerahan yang rendah.

Jika kalian memiliki banyak stok foto dan kurang menarik, kenapa tidak mencoba menggunakan preset lightroom deep moody untuk memperindah efek dalam foto tersebut ? Sudah banyak kok tutorial lightroom di blog ini.

 Saya juga sudah membagikan preset lightroom premium yang bisa dapatkan secara gratis.

Tutorial Edit Deep Moody Lightroom

Sebelum masuk ke dalam tutorial edit deep moody lightroom, saya tekankan terlebih dahulu bahwa foto yang kalian gunakan dengan foto yang saya gunakan dalam tutorial kali ini pastinya memiliki warna bawaan yang berbeda.

Jika hasilnya tidak sesuai seperti contoh, mungkin settingannya kurang sesuai dengan keadaan foto. Untuk itu kalian hanya perlu menyesuaikan sedikit demi sedikit. 

Tidak perlu merubah semua settingannya, kalian hanya perlu melihat bagian mana yang kurang menarik atau tidak enak dipandang.

Pembuatan rumus lightroom deep moody ini bisa diikuti untuk pengguna pc maupun mobile.

Rumus Deep Moody Lightroom

Pertama masuk ke dalam aplikasi lightroomnya, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi agar hasilnya lebih bagus lagi.

Masuk kedalam menu LIGHT, kalian bisa mengikuti seperti pada gambar. Lanjut ke dalam CURVE.


Exposure : 0.00EV

Contrast : -10

Highlights : -80

Shadows : 80

Whites : 11

Blacks : -35

Masuk kedalam menu COLOR

Temp Tint Vibrance Saturation
10 0 -26 -22

Masuk ke dalam menu MIX

Color Hue Saturation Luminance
Red 0 0 20
Orange 0 20 25
Yellow -70 25 -20
Green -80 -20 -20
Aqua 0 -40 -20
Blue 0 -45 -20
Purple 0 0 0
Magenta 0 0 0

Masuk kedalam menu EFFECT

Texture Clarity Dehaze Vignette Midpoint Feather Roughness
0 10 35 -29 7 85 35

Masuk kedalam menu Split Tone

H S
Highlights 19 15
Shadows 32 7

Balance : 1

Terakhir masuk ke dalam menu DETAIL

Noise Reduction Detail
20 50

Penjelasan :

Karena foto yang saya gunakan untuk pencahayaannya sudah cukup tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Jika bahan foto yang kalian gunakan dirasa kurang terang atau gelap, bisa naikkan atau turunkan exposurenya.

Sebelum mengakhiri tutorial edit deep mody, saya tekankan terlebih dahulu bahwa tutorial ini bisa dijadikan referensi atau bisa kalian ikuti semua settingannya bagi pengguna mobile. 

Disini saya hanya berbagi preset lightroom, meski hasilnya kurang memuaskan mohon dimaklum karena masih sama – sama belajar. Untuk itu tetap mengeksplor lagi agar hasiinya bisa lebih baik.


Penutup

Itulah ulasan mengenai  tutorial edit deep moody lighroom yang bisa kalian ikuti. Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel menarik lainnya tentang Lightroom. Jika kalian ingin mendapatkan preset lightroom yang keren lainnya bisa kunjungi infokuy.net

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url