Cara Ampuh Mengatasi USB Device Not Recognized

Saturday, November 7, 2020 : November 07, 2020

0 komentar

Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Windows 7, 8 dan 10 adalah USB Device Not Recognized. Masalah ini akan muncul ketika kita akan mencolokan mouse usb, flashdisk atau modem. Untuk itu, saya akan memberikan cara ampuh mengatasi USB Device Not Recognized.

Cara Ampuh Mengatasi USB Device Not Recognized

USB Device Not Recognized bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya :

  • Device atau port usb rusak
  • Gangguan host controller hardware
  • Gangguan attached hubs
  • Gangguan attached devices
  • Perbedaan Driver USB
  • Gangguan listrik statis
Salah satu yang sering terkena gangguan listrik statis adalah flashdisk dan mouse USB. Kebocoran arus listrik dalam casing merambat ke port Flashdisk yang mengakibatkan malfungsi bahkan untuk beberapa kasus Flashdisk bisa mati total. 

Faktor lain yang harus kamu perhatikan adalah kesalahan saat instalasi driver komputer atau laptop. Ketika driver yang kamu install tidak cocok, saat mencolokan mouse atau flashdisk ke port USB akan terjadi kesalahan atau tidak terinstall dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada driver USB lain. 

Selain solusi untuk mengatasi USB device not recognized, saya juga sudah menuliskan solusi untuk memperbaiki keyboard laptop error.



Tak usah khawatir, saya akan memberikan cara ampuh mengatasi USB device not recognized. Cara ini bisa kamu lakukan untuk penggunaan Komputer atau Laptop baik window 7, 8, dan 10. Simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.


Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Ada beberapa cara mengatasi USB Device Not Recognized yang bisa kamu ikuti. Berikut cara untuk mengatasinya bisa kamu simak dibawah ini.

1. Cabut Pasang USB Beberapa Saat

Bagi kamu yang menemukan masalah USB Not Recognized pada Komputer, silahkan cabut USB yang kamu pasang. Tunggu beberapa saat dan kamu bisa memasang kembali USB nya. Mungkin saja pemasangan USB tidak tepat atau port USB longgar.

Kamu juga harus memastikan bahwa port USB yang ada pada Komputer tidak sesuai dengan port USB yang akan kamu gunakan. 


2. Merestart Laptop / Komputer

Merestart Laptop / Komputer bisa menjadi solusi untuk mengatasi USB not recognized. Bisa jadi laptop / komputer yang kamu gunakan terlalu berat untuk membaca USB. 

Setidaknya dengan merestart, kamu bisa merefresh laptop / komputer yang sedang kamu gunakan. Silahkan cabut pasang kembali USB yang akan kamu gunakan agar bisa terbaca kembali.


3. Pindahkan USB ke Port USB Lain

Bagi pengguna Laptop / Komputer pastinya terdapat beberapa port USB. Jika terjadi masalah USB device not recognized, kamu bisa coba pindahkan USB ke port USB lain. 

Jika port USB yang satunya bisa terbaca, kemungkina port USB yang sebelumnya sudah rusak. Alhasil USB yang kamu colokkan tidak terbaca oleh system.


4. Cabut Aliran Listrik

Cara ini hanya bisa dilakukan bagi pengguna Komputer. Untuk mengatasi masalah USB device no recognized bisa kamu lakukan dengan cara yang satu ini. 

Cukup memutuskan aliran listrik dari CPU untuk beberapa saat, matikan pula monitor, bagi pengguna laptop ( bisa mencabut baterai laptop) dan semua kabel yang masuk ke CPU. 

Tunggu kira - kira 30 menit atau hingga CPU suhu normal. Jika sudah dilakukan, silahkan nyalakan kembali komputer / laptop, seharusnya USB sudah bisa tebaca.


5. Menggunakan Device Manager

Cara masuk ke device manager

Cara untuk mengatasi USB device not recognized bisa menggunakan Device Manager. Dengan melakuakn scan untuk menemukan konfigurasi hardware baru atua perubah yang terjadi pada hardware. Cara masuk Device Manager bisa kamu ikuti langkah - langkah dibawah ini :

  • Tekan tombol Window + R, lalu ketik devmgmt.msc.
  • Tekan tombol Window + S, lalu ketik Device Manager.
  • Masuk ke file manager, klik kanan tulisan My Computer. Nanti ada menu Device Manager.

Setelah muncul jendela baru, nanti ada menu dengan tulisan Scan for Hardware Changes. Dengan menggunakan fitur ini, windows akan mendeteksi perangkat yang baru terpasang / terinstall.



Jika prosesnya sudah selesai, silahkan tutup Device Manager. Pastikan apakah perangkat USB kamu sudah ada dan berhasil terdeteksi ? Jika tidak terdektsi, silahkan restart komputer atau laptop dan nyalakan kembali.


6. Matikan Fasilitas Power management USB Root

Selain cara diatas, kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi USB device not recognized. Kamu bisa mematikan fasilitas power management USB Root Hub. Silahkan masuk ke Device Manager, untuk cara masuknya sudah saya jelaskan sebelumnya.

pilih menu Universal Serial Bus controllers

Selanjutnya pilih menu Universal Serial Bus controllers, lalu pilih USB Root Hub. Klik kana pada menu tersebut, lalu pilih properties. 

Allow the computer to turn off the device to save power

Klik tab Power Managament, lalu centang opsi Allow the computer to turn off the device to save power. Jika terdapat beberapa USB Root Hub, kamu bisa menonaktifkan semuanya (untuk beberapa kasus, USB Root Nub tidak memiliki fitur Power Management).


Penutup

Berikut pembahasan mengenai cara ampuh mengatasi USB Device Not Recognized. Dari beberapa cara diatas, apakah mampu mengatasi permasalahan kamu ? Saya sendiri berhasil mengatasi USB Device not Recognized dengan beberapa cara diatas.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hardware hanya di infokuy. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved