11 Ciri - Ciri RAM Rusak dan Cara Mengatasinya !

Perlu kamu ketahui ciri - ciri RAM rusak sebelum kamu mengganti dengan yang baru. Solusi untuk mengatasi permasalah RAM juga bisa kamu temukan dalam artikel ini. Untuk itu, ikuti artikel mengenai ciri - ciri RAM rusak dan cara mengatasinya sampai akhir ya.

Memang komponen RAM sangat berperang penting dalam kinerja komputer maupun laptop. RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada aplikasi yang sedang dijalankan.

Karena RAM memiliki peran yang sangat penting, kamu haru mengetahui ciri - ciri RAM komputer / laptop yang akan mengalami kerusakan. Jika RAM mengalami kerusakan akan berdampak pada kinerja komputer/laptop yang kian melambat.

Untuk itu, saya akan menjelaskan ciri - ciri RAM pada komputer/laptop mengalami kerusakan dan cara untuk mengatasinya. Berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.


11 Ciri - Ciri RAM Rusak

Ada beberapa ciri RAM mengalami kerusakan. Jika kamu mengalami ciri - ciri RAM rusak seperti dibawah ini, segera perbaiki agar tidak merusakan komponen komputer yang lain.

1. Komputer Terasa Lambat

Jika komputer yang kamu gunakan terasa sangat lambat, ada kemungkinan RAM nya mengalami kerusakan. Memang seiring waktu, kinerja komputer / laptop yang kamu miliki kian menurun, karena pembaharuan aplikasi yang cenderung membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi.

Selain karena RAM, processor juga cukup mempengaruhi kinerja komputer agar lebih cepat, pastikan processor pada komputer/ laptop kamu tidak mengalami kerusakan.

2. Terdengar Suara 'Beep' Ketika Menyalakan Komputer

Ketika menyalakan komputer pertama dan tidak ada suara 'Beep' yang terdengar, berarti komputer kamu baik - baik saja.

Jika terdengar suara 'Beep' berulang - ulang atau panjang, kemungkinan RAM yang kamu miliki bermasalah.

3. Komputer Sering Not Responding

Selanjutnya, ciri yang bisa kamu ketahui ketika RAM mengalami kerusakan adalah komputer sering not responding. Ketika kinerja komputer menjadi lambat, aplikasi yang sedang kamu gunakan sering kali not responding / hang dan tidak berjalan seperti biasanya.

Pastikan RAM yang kamu miliki tidak rusak atau kamu bisa menambahkan kapasitats RAM nya agar lebih besar.

4. Kadang Aplikasi Susah Dijalankan

Permasalah aplikasi susah dijalankan bisa jadi pertanda bahwa RAM pada komputer / laptop yang kamu miliki mengalami kerusakan. Hal ini berkaitan dengan RAM yang tidak bisa mengakses data dari aplikasi tersebut, sehingga berimbas pada aplikasi yang tidak dapat dijalankan.

5. Komputer Sering Restart Sendiri

Ciri - ciri RAM mengalami kerusakan adalah komputer / laptop sering restart sendiri. Selain kerusakan pada RAM, ada beberapa hal lain yang menyebabkan komputer / laptop sering restart sendiri. 

Karena kasus kali ini menimpa RAM, jadi pastikan fisik RAM yang kamu miliki mengalami kerusakan. Jika memang mengalami kerusakan, segera ganti RAM tersebut dengan yang baru.

6. Kapasitas RAM Tidak Sesuai

Bagi kamu yang merasa komputer/laptop yang kamu sedikit lebih lambat dari biasanya, bisa jadi ini merupakan ciri kerusakan pada RAM. Pastikan kapasitas RAM yang kamu miliki berkurang atau tidak terdeteksi oleh Windows.

Jika kamu memiilki 2 keping RAM 8GB + 8GB = 16GB yang terdaftar. Namun saat kamu cek pada Windows, kapasitas RAM yang terbaca hanya 8GB saja. Pasti ini ciri - ciri RAM yang kamu miliki mengalami kerusakan.

7. Muncul Error Ketika Menginstall Aplikasi

Tidak jauh berbeda ketika sedang menjalan aplikasi, kerusakan pada RAM pula bisa menyebabkan error ketika menginstall sebuah aplikasi baru.

Hal ini sering terjadi jika kamu menginstall aplikasi di komputer / laptop lalu mengalami kegagalan/error. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh RAM yang rusak.

8. Komputer Mengalami Blue Screen

Blue Screen merupakan cara windows mendeteksi masalah yang terjadi pada komputer / laptop yang kamu miliki. Blue Screen akan muncul jika terjadi permasalahan pada driver atau hardware.

Pada kasus ini, apabila RAM mengalami kerusakan  biasanya akan muncul pesan error ketika blue screen 'Memory Access Violation', 'Memory Could Not Be Better', 'Memory Could Be Read' dan hal lainnya.

9. Layar Komputer / Laptop Tidak Tampil Apapun (Gelap)

Selanjutnya, ciri - ciri RAM mengalami kerusakan adalah layar komputer / laptop tidak tampil apapun (gelap). Sebelumnya, pastikan processor, VGA dan kabel - kabelnnya bekerja dengan baik.

10. RAM Mudah Panas

Ciri - ciri RAM mengalami kerusakan bisa dideteksi dengan komputer / laptop yang kamu miilki mudah panas. Jika komputer / laptop baru dinyalakan dan sudah terasa panas, kemungkinan RAM yang kamu miliki mengalami kerusakan. 

Bagi kamu yang menggunakan laptop, sangat mudah untuk mendeteksinya. Angkat laptop dan pegang bagian bawah laptop, apakah terasa panas atau biasa saja ?

11. Komputer Mati Total

Meski komputer mati total yang diakibatkan RAM jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, laptop yang mati total diakibatkan oleh RAM yang konslet. Namun ketika RAM pada laptop tersebut diganti dengan yang baru, laptop bisa dihidupkan dan berjalan dengan baik.


Cara Mengatasi RAM yang Rusak

Langkah pertama jika komputer/laptop kamu mengalami salah satu ciri kerusakan RAM seperti diatas, bisa kamu lakukan cara - cara dibawah ini :

  • Periksa Posisi RAM apakah sudah terpasang dengan benar pada motherboard komputer/laptop yang kamu miliki. Meski terlihat sepele, namun hal ini cukup penting untuk kamu lakukan.
  • Pastikan slot RAM yang kamu miliki tidak mengalami kerusakan. Jika ada beberapa slot RAM yang kosong, coba pindahkan RAM ke slot yang lain.
  • Bersihkan Kuningan RAM. Jika terdapat debu pada kuningan RAM bisa menyebabkan slot tidak bisa membaca keberaadaan komponen pada sistem.


Penutup

Berikut pembahasan mengenai ciri - ciri RAM rusak dan cara mengatasinya. Bagaimana menurut kamu mengenai artikel diatas, apakah cukup membantu mengatasi permasalahan kamu ? Silahkan beri tanggapan jika cara diatas berhasil untuk mengatasi permasalahan kamu.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hardware hanya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url