9 Ciri-Ciri VGA Rusak dan Cara Memperbaikinya !

Thursday, November 19, 2020 : November 19, 2020

0 komentar

Waspadai ciri - ciri vga rusak pada komputer kamu. Tentu, infokuy akan memberikan cara untuk memperbaiki vga rusak jika hal itu terjadi. Oleh karena itu, ikuti terus artikel mengenai ciri - ciri vga rusak sampai akhir ya.

Ciri-Ciri VGA Rusak dan Cara Memperbaikinya

Ada beberapa ciri vga bisa terjadi kerusakan, mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan yang sangat parah. Penyebab VGA Card bisa rusak pun cukup beragam, mulai dari :

  • Overheat (VGA Terlalu Panas)
  • Sering Melakukan Overclock
  • Kualitas RAM yang buruk
  • Kurangnya Tegangan Listrik Pada VGA
  • Pemasangan VGA Tidak Benar Pada Motherboard
  • Terdapat Banyak Debu Pada Bagian Dalam Komputer

VGA atau kepanjangan dari Video Graphic Adapter merupakan komponen dasar pada komputer atau laptop untuk mengirim sinyal gambar ke monitor.

Salah satu komponen cukup sering mengalami kerusakan adalah VGA. Mengapa saya mengatakan hal tersebut ? Karena VGA memiliki fungsi yang cukup vital. 

Jika beban yang diberikan pada VGA terlalu berat akan mengalami Overheat dan jika terus - menerus dilakukan VGA akan mengalami kerusakan bahkan bisa mati total.

Sebelum mengalami kerusakan parah, VGA akan memuculkan tanda - tanda tertentu. Sebelum mengalami kerusakan yang cukup parah, sebaiknya kamu ketahui beberapa ciri vga akan mengalami kerusakan.

Untuk itu, saya akan memberikan ciri - ciri VGA rusak dan cara mengatasinya agar tidak terjadi kembali. Berikut pembahasan lengkapnya.


9 Ciri - Ciri VGA Rusak dan Cara Memperbaikinya

Ciri - ciri VGA rusak yang akan saya jelaskan tentunya beragam. Bisa saja kerusakan yang ringan hingga kerusakan yang sangat berat. 

Namun jangan cepat - cepat menyimpulkan bahwa VGA Card yang kamu miilki sudah mati total. Sebaiknya ketahui dulu ciri - ciri VGA yang rusak dan solusi untuk memperbaikinya.

1. BUS Artifacts

BUS Artifacts

Jika kamu mengalami permasalahan seperti gambar diatas, kemungkinan VGA yang kamu miliki mengalami Bus Artifacts. 

Permasalah ini muncul untuk VGA slot AGP, hal ini bisa terjadi karena VRAM menyimpan data pada memori utama komputer. Kemudian terjadi konfik ketika perpidahan data dari memori utama ke memori VGA. 

Solusi untuk mengatasi permasalah Bus Artifacts adalah dengan menurunkan AGP dari 8x menjadi 4x.


2. DVI Corruption

DVI Corruption

Layar komputer tedapatkan garis - garis secara vertical maupun horizontal ? Kemungkinan kamu mengalami DVI Corruption. Kasus ini bisa terjadi ketika kamu menggunakan connector DVI untuk menampilkan gambar ke monitor kamu. 

Ada beberapa cara untuk memperbaiki permasalah DVI Corruption, diantaranya: 

  • Mengganti connector DVI
  • Mengupdate Dipslay Driver
  • Gunakan kabel yang lebih pendek
  • Turunkan Refresh Rate Monitor

Jika kamu pernah menduga - duga bahwa permasalah ini diakibatkan oleh virus, namun sebenarnya bukan. Sangat jarang virus menyerang sebuah hadrware.


3. GPU Artifacts

GPU Artifacts
Tiba - tiba muncul kotak - kotak pada seluruh layar monitor ? Kemungkinan VGA yang kamu miliki mengalami GPU Artifacts.

Masalah GPU Artifacts bisa terjadi karena GPU terlalu panas. Cara mengatasi permasalahan ini, silahkan cek kipas/fan pada pendingin GPU yang ada di VGA. Apakah kipas tersebut berputar secara normal ? Jika belum menyelesaikan masalah, silahkan ganti pendingin dengan pendingin yang terpisah.

4. Video RAM Artifacts

Video RAM Artifacts

Jika kamu mengalami keanehan pada grafis yang ditampilkan namun hanya beberapa objek saja. mungkin kamu mengalami permasalahan Video RAM Artifacts. Biasa hal ini terjadi pada jenis VGA dengan slot PCI-E.

VRAM berfungsi untuk menampilkan grafis atau biasa disebut Frame Buffer. Nah fungsi Frame Buffer ini untuk menyimpan gambar yang telah diproses, jika frame buffer tersimpan pada memory yang buruk dapat mengakibatkan artifacts seperti pada gambar.

Sayangnya, solusi untuk mengatasi permasalah ini kamu perlu mengganti VGA dengan yang baru.


5. Performa Melemah

Ciri - ciri VGA yang akan rusak biasanya memunculkan permasalah seperti ini. Ketika menjalankan suatu program akan terasa sangat lag, terutama ketika bermain game, menonton video dan mengedit video.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini usahakan tidak berlebihan dalam menjalankan program aplikasi atau kamu bisa mengganti VGA nya dengan yang baru.


6. Driver Sering Stopped Working

Permasalah Driver yang tiba - tiba berhenti jangan kamu sepelekan, bisa saja dapat merusak hardware yang kamu miliki. Dalam kasus ini, driver VGA pada PC/Laptop kamu tidak berjalan dengan normal.

Driver yang stopped working bukan berarti VGA yang kamu miliki akan rusak. Bisa saja driver VGA nya mengalami bug. Untuk mengatasi hal tersebut, update driver VGA ke versi terbaru.

7. Tinted Screen

Tinted Screen

Pernah mengalami seperti gambar diatas ? Perubahan warna pada monitor atau pencahayaan monitor kurang cerah disebut dengan Tinted Screen. Permasalahan ini muncul karena komponen pada monitor yang rusak.

Solusi untuk mengatasi permasalahan Tinted Screen kamu bisa membersihkan kabel konektor dan mengatur kecerahan pada monitor.


8. No Display

Selanjutnya, ciri ciri VGA akan rusak adalah No Display, artinya VGA tersebut tidak tampil di monitor. Ada kemungkinan part lain yang bisa menyebabkan No Display pada monitor.

9. VGA Mati Total

Terakhir, ciri - ciri VGA rusak yang sangat parah, VGA tidak berjalan sama sekali. Ini merupakan kerusakan final pada VGA jika sudah mengalami berbagai permasalah sebelumnya.

Penutup

Berikut pembahasan mengenai ciri - ciri vga rusak dan cara memperbaikinya. Bagaimana menurut kamu mengenai artikel diatas, apakah cukup membantu mengatasi permasalahan kamu ? Silahkan beri tanggapan di kolom komentar.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar Hardware hanya di infokuy.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved