Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred Pada Windows

Sunday, November 8, 2020 : November 08, 2020

0 komentar

Bagi kamu yang saat ini terkena masalah 'A Disk Read Error Occurred', infokuy akan memberikan solusi untuk memperbaikinya. Tak perlu panik jika komputer yang kamu gunakan tiba - tiba crash, entah itu akibat bluescreen atau overheat tanpa sebab dan hanya menampilkan pesan tertentu.

Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred

Jika pesan error yang di tampilkan berupa "A Disk Read Error Occured. Press Ctrl+Alt+Del to restart" dan tidak bisa masuk ke dalam windows seperti biasanya. Permasalah yang sering muncul juga adalah USB tidak terbaca, untuk solusinya infokuy sudah buat.

Permasalahan seperti ini memang sering terjadi bagi pengguna windows. Namun tak perlu khawatir, setiap permasalah pasti selalu ada solusinya. Salah satu permasalahan yang akan kita selesaikan mengenai A Disk Read Error Occurred Pada Windows.



Sebelum masuk ke topik cara mengatasi a disk read error occured, pastikan kamu mengetahui penyebab bisa muncul pesan error tersebut. Berikut pembahasan detailnya dibawah ini. 


Penyebab Terjadinya Error A Disk Read Error Occurred 

Solusi untuk memperbaiki a disk read error occured ada beragam cara. Sebelum masuk ke pembahasannya, ada beberapa penyebab bisa terjadinya a disk read error ocurred, diantaranya : 

  • Ketika update windows prosesnya gagal. Perubahan file system yang tidak sempurna mengakibatkan windows menjadi corrupt, hal ini bisa menjadi faktor pemasalah a disk read error occurred.
  • Pengaturan BIOS yang salah. Dalam BIOS terdapat beragam pengaturan, hal ini pula bisa menjadi faktor munculnya masalah ini.
  • Kabel SATA Rusak bisa menjadi faktor permasalah yang sedang kamu hadapi. Jika konektor SATA mengalami kerusakan, otomatis harddisk tidak akan terbaca oleh system.
  • Harddisk Rusak, tentu bila harddisk mengalami kerusakan, komputer akan sulit membaca sector yang ada. Akibat dari itu, akan muncul pesan error penyimpanan tidak akan terbaca.

Setelah mengetahui penyebab munculnya pesan error a disk read error occured, tentu kamu memerlukan solusi untuk memperbaikinya. Berikut pembahasan lengkapnya dibawah ini.


Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred

Setelah mengetahui penyebab bisa munculnya pesan error a disk read error occured, saya akan membagikan solusi memperbaiki pesan error 'disk read error'. Cara ini bisa kamu ikuti untuk pengguna Windows 7, 8, dan 10.


1. Cabut Semua Perangkat USB

Cabut semua perangkat USB seperti flashdisk, harddisk eksternal dan semua perangkat USB lainnya sebelum merestart kembali komputernya. 

Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi apakah permasalahannya dari perangkat yang terhubung dengan CPU. Jika pesan a disk read error occurred masih ada, silahkan ikuti cara yang kedua.


2. Shutdown Komputer / Laptop 

Mematikan komputer / laptop untuk beberapa menit bisa menjadi solusi untuk mengatasi beragam error. Bisa jadi permasalah a disk read error occured karena suhu komputer yang terlalu tinggi. Setelah dirasa komputer sudah cukup dingin, silahkan hidupkan kembali komputer / laptopnya. 


3. Reset Pengaturan BIOS

Reset Menu BIOS

Cara ampuh untuk mengatasi a disk read error occured adalah dengan mereset pengaturan BIOS. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Silahkan masuk ke dalam pengaturan BIOS, untuk langkah - langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini.

  • Nyalakan komputer / laptop
  • Tekan tombol Del/F2/F10/F11 terus menerus sampai halaman BIOS muncul

Jika halaman BIOS sudah muncul, pilih menu Standard CMOS Features. Lalu pilih menu Load Optimized Defauls.


4. Cabut Baterai CMOS

Mencabut baterai CMOS pula bisa menjadi solusi untuk mengatasi a disk read error occurred. Dengan mencabut baterai CMOS, otomatis settigan BIOS kamu akan tereset secara otomatis.

Cabut Baterai CMOS

Untuk mencabut baterai CMOS, silahkan matikan komputernya terlebih dahulu. Buka casing komputer dan cari baterai CMOS pada motherboard.  Setelah baterai CMOS ketemu, cabut baterai CMOS tersebut.

Setelah tercabut, tekan tombol power selama 10-15 detik dengan keadaan kabel power masih belum tercolok. Alasannya agar tidak ada sisa arus listrik pada kapasitor.  



Setelah itu pasangkan baterai CMOS seperti semula. Masuk ke dalam BIOS, kamu akan diarahkan untuk mengatur ulang seperti waktu, tanggal dan lainnya.


5. Merepair Instalasi Windows

Bagi kamu yang ingin menggunakan cara ini wajib memiliki installer windows. Silahkan booting ke Flashdisk atau DVD yang berisi setup Windows. 

Namun jangan pilih instal ulang windows, silahkan cari Repair Windows Installation. Dengan menggunakan cara ini, seluruh file system pada windows akan diganti dengan yang baru.


6. Install Ulang Windows

Solusi terakhir untuk mengatasi a disk read error occurred adalah install ulang windows. Cara ini menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah disk read error, jika cara - cara diatas tidak bekerja.


Penutup

Berikut pembahasan mengenai cara mengatasi a disk read error occurred yang bisa infokuy bagikan. Seharusnya dari beberapa cara diatas bisa mengatasi permsalahan mengenai disk read error. Bagi kamu yang berhasil mengggunakan cara diatas untuk memperbaiki masalah ini, silahkan berikan tanggapan di kolom komentar.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar komputer hanya di infokuy. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved