8 Ciri - Ciri Processor Rusak Dan Cara Mengatasinya !

Friday, November 20, 2020 : November 20, 2020

0 komentar

Ketahui ciri - ciri processor rusak dan cara mengatasinya sebelum menggati dengan yang baru. Sebagai komponen utama pada komputer, processor harus dijaga kondisinya agar tetap bagus.

Ciri - Ciri Processor Rusak Dan Cara Mengatasinya

Processor memang sangat penting untuk dijaga kondisinya karena merupakan pusat untuk mengatur kerja komputer. Jika processor mengalami kerusakan, efek yang akan ditimbulkan akan menyebar ke komponen komputer lain bahkan proses kerja bisa mati total.

Ada beberapa penyebab processor bisa mengalami kerusakan, diataranya :

  • Overheating
  • Terdapat debu atau kotoran pada processor
  • Speksifikasi antara RAM dengan Processor tidak sesuai

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui ciri - ciri processor rusak untuk mengatasi hal - hal yang tidak diinginkan. Karena komponen Processor sendiri terbilang mahal dibandingkan komponen lainnya.

Pembahasan lebih lengkap mengenai ciri - ciri processor rusak dan cara mengatasinya bisa kamu temukan dibawah ini.


8 Ciri - Ciri Processor Rusak Dan Cara Mengatasinya

Kenali ciri - ciri processor rusak sebelum kamu mengganti dengan yang baru. Tentu saya akan memberikan cara untuk mengatasi kerusakan pada processor jika kerusakannya masih dalam tahap ringan. 


1. Muncul Beep Tidak Wajar

Muncul Beep Tidak Wajar

Setiap kali kita menyalakan komputer akan masuk ke dalam proses pengecekan komponen hardware oleh BIOS. Terkadang saat pengecekan hardware oleh BIOS, terdengar suara 'Beep'. Bunyi tersebut bisa menandakan bahwa komputer kamu normal atau mengalami kerusakan.

Jika terdengar suara Beep tidak seperti biasanya, silahkan cek kode Beep BIOS yang terpasang pada komputer kamu dan cari tahu penyebabnya. Setiap komputer memiliki jenis BIOS yang berbeda - beda, pastikan kamu cek kode Beep yang sesuai dengan BIOS yang ada pada komputer kamu.


2. Blank Screen Pada Monitor

Blank Screen Pada Monitor

Salah satu ciri processor mengalami kerusakan adalah terjadinya blank screen ketika menyalakan komputer atau laptop. Hal ini bisa terjadi karena BIOS tidak menaggapi hal apapun, karena Processor sebagai kunci utamanya mengalami kerusakan.

Jika hal ini terjadi, mau tidak mau kamu harus mengganti proccesor. Tapi jangan beranggapan setiap blank screen terjadi diakibatkan oleh rusaknya processor. Ada beberapa kemungkinan lain, bisa saja kerusakan pada RAM, VGA, kabel monitor dan hal lainnya.


3. Komputer Tiba Tiba Mati Saat Digunakan

Salah satu ciri processor mengalami kerusakan adalah komputer tiba - tiba mati ketika digunakan. Hal ini disebabkan karena processor mengalami panas berlebihan (overheat). Akibatnya, fisik processor mengalami kerusakan yang cukup parah.

Cara mengatasi kerusakan yang lebih parah, sebaiknya matikan semua listrik yang terhubung ke komputer. Silahkan cek bagian dalam CPU, bersihkan bagian dalam dari debu, ganti kipas bila diperlukan, beri thermal paste ulang ke processor dan pasang heatshink yang lebih bagus.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh RAM yang rusak, GPU yang rusak, atau tegangan PSU yang tidak stabil.


4. Mengalami Kegagalan Saat Membuka Program Tertentu

Permasalahan ini akan muncul ketika kita menjalankan program - program tertentu. Biasanya program gagal terbuka karena program yang dijalankan cukup berat. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, bisa saja karena RAM yang bermasalah, file corrupt dan hal lainnya.

Hal ini bisa terjadi karena kamu melakukan ekstrak file yang cuku besar, menginstal program yang berat, bermain game dengan kualitas tinggi dan hal lainnya. Solusi untuk mengatasi ini, silahkan cek keadaan fisik processor kamu, apakah baik - baik saja atau mengalami kerusakan.


5. Overheat Pada Heatsink

Overheat Pada Heatsink

Panas yang berlebihan pada Heatshink bisa menjadi ciri kerusakan pada processor. Jika heatshink sudah panas ketika komputer baru dinyalakan, kamu harus mewaspadai kerusakan pada processor.


6. Sіѕtеm Hanya Mеnуаlа Sementara atau Restart Berulang

Komputer selalu merestart ketika baru dinyalakan juga menjadi ciri ciri processor mengalami kerusakan. Ketika kamu menghidupkan komputer dan dalam beberapa saat sudah mati kembali, bisa jadi processor kamu mengalami kerusakan.

Solusi untuk mengatasi hal ini, silahkan cek fisik processor normal, bersihkan dari debu dan kotoran pada pendingin processor, gunakan thermal paste sebagai perekat bagi processor dan pendinginnya.


7. Cek Fisik Processor

Cek Fisik Processor

Cara paling ampuh mengetahui ciri - ciri processor rusak adalah dengan melihat langsung keadaan processornya. Silahkan cek processor kamu, apakah memiliki tanda kerusakan seperti dibawah ini :

  • Ada bagian processor yang hangus atau terbakar
  • Putusnya aliran listrik ke processor
  • Patah pada bagian jumper pin

Jika kamu melihat tanda - tanda diatas, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru processornya.


8. Komputer Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

Komputer Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

Untuk kasus yang seperti ini salah satu penyebabkan adalah kerusakan pada processor. Namun pastikan komponen hardware lain seperti VGA, RAM, PSU, Motherboard dan bagian lainnya tidak mengalami kerusakan. 

Jika komponen lain tidak mengalami kerusakan, cek fisik processor mengalami kerusakan atau tidak. Jika mengalami kerusakan, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.


Penutup

Berikut pembahasan mengenai ciri - ciri processor rusak dan cara mengatasinya. Bagaimana menurut kamu mengenai artikel diatas ? Apakah cukup membantu mengatasi permasalahan mengenai processor yang rusak ? Silahkan berikan tanggapan di kolom komentar ya.


Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hardware hanya di infokuy.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved