2 Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery

Thursday, November 5, 2020 : November 05, 2020

0 komentar

Pengguna Windows 7 yang baterai laptopnya sudah bocor pasti akan melihat icon baterai tanda silang merah. Tanda tersebut memberikan informasi bahwa kita harus mengganti baterai laptopnya. 

Saya akan memberikan solusi untuk mengatasi Consider Replacing Your Battery pada artikel kali ini.

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery

Komponen laptop yang harus diberi perhatian lebih adalah baterai. Karena baterai pada laptop mudah sekali rusak, misalnya drop atau bocor.

Terlepas dari itu, baterai laptop pula bisa bertahan selama bertahun - tahun asal penggunannya benar, ya tergantung jenis baterai laptopnya pula. 



Untuk fitur Consider Replacing your Battery hanya akan kamu temukan pada Windows 7 saja. Untuk penggunaan Windows 8 dan 10 tidak akan menemukan masalah Consider Replacing your Battery.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, saya akan memberikan solusi untuk menghilangkan tanda silang merah pada baterai Windows 7. Ada beberapa cara untuk menghilangkan notifikasi Consider Replacing your Battery, berikut penjelasannya.


Penyebab Muncul Notifikasi Consider Replacing Your Battery

Tampilan baterai pada Windows 7 bisa kamu lihat pada taskbar di bagian kanah bawah. Biasanya pesan untuk mengganti baterai pada Windows 7 akan terlihat pada kolom tersebut, masalah ini bisa disebabkan oleh 2 hal :

  • Terdapat suatu bug pada sistem
  • Kondisi baterai sudah memang harus diganti
  • Belum terupdatenya sistem windows
  • Salahnya perawatan baterai atau sering cabut pasang baterai
  • Proses CDC (Charge disCharge) dimana kamu melepas baterai ketika penuh dan mencolok charger lagi ketika baterai melemah.

Setalah mengetahui beberapa penyebab munculnya notifikasi Consider Replacing Your Battery, kamu tidak akan terburu - buru menggati baterai laptop. Bisa saja notifikasi tersebut disebabkan oleh bug sistem atau memang harus diganti.


Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery Pada Laptop

Terdapa 2 cara mengatasi Consider Replacing Your Battery. Pertama menggunakan teknik kalibrasi baterai, kedua menginstall service pack 1. Kamu bisa menggunakan 2 cara tersebut untuk menghilangkan notifikasi baterai silang merah. Saya jamin kedua cara diatas bekerja 100%.

1. Teknik Kalibrasi Baterai

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery bisa menggunakan teknik kalibrasi baterai. Caranya pun bisa kamu lakukan dengan mudah, ikuti langkah - langkahnya dibawah ini :

Lakukan Pengisian Baterai Hingga 100%

Hal paling krusial ketika menggunakan teknik kalibrasi baterai adalah kondisi baterai harus mencapai titik maksimal dapa simpan baterai yakni 100%. Setelah kondisi baterai 100%, matikan laptop dalam keadaan Charger masih tersambung. 

Matikan Laptop

Setelah baterai mencapai 100%, matikan laptop dalam keadaan charger baterai masih tersambung.

Masuk ke Safe Mode

Langkah selanjutnya, menghidupkan kembali laptopnya sambil menekan tombol F8 atau tombol lain sesuai jenis laptop agar masuk ke Advanced Boot Options, lalu pilih Safe Mode.

Biarkan Laptop Mati

Kemudian setelah masuk ke dalam sistem Windows Safe Mode, kamu bisa mencabut charger laptop dan biaarkan sampai baterai laptop kamu mati dengan sendirinya. Sebaiknya kamu tidak menggunakan laptop ketika sedang menjalankan proses ini.

Nyakalan Laptop

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menghubungkan kembali charger laptop sambil menyalakan laptop.

Jika teknik kalibrasi baterai tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara kedua yakni menginstall Service Pack 1, untuk cara penggunannay bisa kamu ikuti langkah - langkahnya dibawah ini.


2. Menginstall Service Pack 1

Cara kedua untuk mengatasi Consider Replacing Your Battery adalah menginstall Service Pack 1. Penggunaan Service Pack 1 ini untuk menghilangkan tanda silang pada baterai.

Cara install Service Pack ini sangat mudah untuk diikuti, kamu bisa mengikuti instruksi yang disediakan oleh Microsoft beserta link download Service Pack 1, untuk lebih lengkapnya kamu bisa buka Cara Install Service Pack di Windows 7.



Jika sudah berhasil menginstall Service Pack 1 nya, maka kamu bisa menggunakan fitur untuk menghilangkan tanda silang pada baterai. 

Pada bagian taksbar terdapat logo baterai, nanti akan ada tulisan Warm me if my battery may need replacement, centang pada bagian tersebut.

Tanda silang pada baterai akan hilang, ketika kamu mencentang tulisan Warm me if my battery my read replacement. 

Silahkan ikuti intruksi yang diberikan oleh Microsoft untuk penginstallan Service Pack 1 nya. Disana sudah dijelaskan secara rinci dari mulai instalasi hingga link download Service Pack 1 nya.

Penutup

Berikut pembahasan mengenai cara mengatasi sonsider replacing your battery, seharusnya kedua cara diatas bisa menjadi solusi untuk menghilangkan notifikasi Consider Replacing Your Battery. 

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar teknologi hanya di infokuy.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved