7 Ciri - Ciri Power Supply Rusak dan Cara Mengatasinya !

Ciri - ciri power supply mengalami kerusakan bisa kamu temukan di infokuy. tentu saya akan memberikan solusi untuk mengatasi power supply rusak. Pastikan kamu mengikuti artikel ini sampai akhir.

Power Supply merupakan komponen komputer yang memiliki fungsi untuk menyuplai listrik ke seluruh komponen komputer agar bisa digunakan.

Selain berfungsi untuk menyuplai listrik, power supply juga digunakan untuk mengubah arus listrik bolak - balik (AC) dan arus listrik searah (DC). Hal ini berfungsi agar motherboard bisa menyala dan memberikan daya ke seluruh bagian CPU.

Setelah mengetahui hal tersebut, power supply memiliki peran penting pada komputer. Jika power supply mengalami kerusakan, akan berimbas pada seluruh komponen komputer. Nah untuk itu, saya akan memberikan ciri - ciri power supply komputer yang rusak.

Penyebab Power Supply Rusak

Penyebab power supply rusak itu bisa terjadi karena beberapa faktor, kadang - kadang diakibatkan oleh sesuatu hal atau memang umur power supply sudah mencapai batas. Berikut penyebab power supply bisa mengalami kerusakan :

  • Umur Power Supply. Memang penggunaan komponen komputer apapun memiliki jangka waktu penggunaanya. Semakin sering kamu menggunakan, performanya akan kian menurun sedekit demi sedikit.
  • Overheat pada Power Supply
  • Gangguan listrik. Bisa jadi ada gangguan lonjakan listrik yang berlebih pada power supply dan mengakibatkan kerusakan
  • Terdapat Banyak Debu dan Kotoran

7 Ciri - Ciri Power Supply Rusak

Ada beberapa ciri yang harus ketahui ketika power supply mengalami kerusakan. Berikut ciri - ciri power supply rusak menurut infokuy.

1. Terdengar Suara Aneh

Jika tedengar suara aneh dibagian belakang casing komputer, kemungkinan power supply yang kamu miliki kotor atau mengalami kerusakan.

2. Komputer Tidak Bisa Dinyalakan

Jika komputer yang kamu miliki tidak bisa dinyalakan sama sekali, kemungkinan ada kerusakan pada power supply. Memang power supply merupakan komponen untuk menyuplai listrik ke seluruh komponen dalam motherboard.

3. Komputer Hidup Sesaat Lalu Mati

Ketika kamu menyalakan komputer untuk beberapa detik, kemudian komputer tersebut mati kembali. Kemungkinan terjadi kerusakan pada power supply atau terjadi kerusakan pada motherboard.

4. Hanya Stuck Dalam Tampilan BIOS

Keadaan terjebak dalam tampilan BIOS memang pertanda bahwa komponen komputer mengalami kerusakan. Kamu tidak bisa menyimpulkan bahwa komputer yang tiba - tiba masuk ke menu BIOS disebabkan karena rusaknya power supply. 

Bisa jadi ada kerusakan pada komponen motherboard lain seperti RAM, VGA, Processor dan masih banyak lagi.

5. Lampu Indikator Komputer Tidak Menyala

Permasalahan rusaknya power supply bisa mengakibatkan lampu indikator pada komputer tidak mau menyala, alhasil akan berimbas ke seluruh komponen komputer yang tidak berjalan semestinya.

6. Kipas Pada Power Supply Tidak Berputar

Ciri - ciri power supply mengalami kerusakan adalah ketika kamu menyalakan komputer namun tidak mau menyala dan semua komponen sudah terpasang dengan benar. 

Pastikan kipas pada power supply berputar atau tidak, jika kipas pada power supply tidak berputar bisa dipastikan bahwa power supply yang kamu miliki mengalami kerusakan.

7. Komputer Tiba - Tiba Mati Ketika Digunakan

Ketika sedang asik menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama, tiba - tiba komputer mati tanpa peringatan apapun atau komputer mengalami blue screen. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh rusaknya komponen power supply pada komputer yang kamu miliki.

Cara Mengatasi Power Supply Rusak

Memang perlu sedikit kemampuan mengenai kelistrikan, namun bagi kamu yang tidak yakin untuk melakukannya lebih baik pergi ke service komputer untuk memperbaikinya. Ada beberapa langkah sederhana untuk mengatasi power supply yang rusak :

  • Pastikan kabel pada power supply tidak rusak atau lepas.
  • Selanjutnya, buka kotak power supply dan lihat bagian dalamnya. Apakah sekering dalam kondisinya baik - baik saja ? Jika iya, masuk ke langkah berikutnya.
  • Coba gunakan stabilizier dan kurangi penggunaan perangkat elektronnik seperti keyboard, mouse dan headphone.
  • Cek pada transistor daya, resistor, dan kapasitor pada power supply. Jika kondisi ketiganya masih baik - baik saja, kamu perlu periksa sambungan power supply ke CPU
  • Jika semua langkah sudah dilakukan, sebaiknya kamu menggati power supply dengan yang baru.

Penutup

Berikut pembahasan mengenai ciri - ciri power supply rusak dan cara mengatasinya. Bagaimana menurut kamu mengenai pembahasan materi diatas, apakah cukup membantu mengatasi permasalahan yang kamu miliki ? 

Silahkan berikan tanggapan di kolom komentar jika solusi diatas bisa mengatasi permasalahan yang kamu hadapi.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hardware hnaya di infokuy.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url