10 Ciri - Ciri Motherboard Rusak dan Cara Mengatasinya !

Saturday, November 21, 2020 : November 21, 2020

0 komentar

Pastikan kamu mengetahui ciri - ciri motherboard mengalami kerusakan, sebelum mengganti motherboard dengan yang baru. Oh iya, saya juga sudah menuliskan solusi untuk memperbaikinya, jadi ikuti artikel ini sampai akhir ya.

Ciri - Ciri Motherboard Rusak

Motheboard atau mainboard merupakan komponen utama pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan semua komponen pada komputer.

Jika motherboard mengalami kerusakan maka akan berdampak pada semua komponen komputer. Meski tidak semua permasalah diakibatkan oleh motherboard, beberapa komponen lain juga bisa memempengaruhi kerusakan pada motherbord.

Untuk itu, saya akan menjelaskan ciri - ciri motherboard rusak dan cara untuk mengatasinya. Berikut pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di bawah ini.


10 Ciri - Ciri Motherboard Rusak

Ciri - ciri motherboard mengalami kerusakan memang harus kamu ketahui. Apalagi bagi yang memiliki komputer dirumah, pastikan selalu menjaga komputer dengan baik agar bisa bertahan lama. Ada beberapa ciri motherboard mengalami kerusakan, diantaranya :


1. Kerusakan Pada Fisik Motherboard

Ciri - ciri motherboard rusak dengan melihat fisik pada motherboard secara langsung. Silahkan periksa apakah ada kapasitor yang membangkak atau rusak dan menyebabkan permasalahan pada motherboard.

Kerusakan pada kapasitor bisa terjadi karena overheating, motherboard yang cacat atau umur motherboard yang sudah terlalu tua. Pastikan kamu selalu menjaga suhu motherboard agar tetap stabil dengna cara menggunakan aplikasi seperlunya dan jika memungkinkan gunakan kipas tambahan.


2. Sering Terjadi Hang

Komputer sering terjadi hang juga salah satu ciri motherboad mengalami kerusakan. Penyebab sering terjadinya hang bisa saja RAM yang kamu gunakan tidak sesuai dengan motherboard, terdapat virus harddisk, overclock yang berlebihan dan terdapat bad sector pada harddisk.

Solusi untuk mengatasi permasalah motherboard yang satu ini dengan cara menggati RAM yang sesuai dengan motherboard, scan harddisk menggunakan anti virus, atur kembali clock pada processor agar kembali normal, dan lakukan partisi harddisk dengan benar.


3. Komputer Mengalami Panas Berlebihan Ketika Dinyalakan

Ketika menyalakan komputer dan baru digunakan beberapa menit, komputer sudah terasa panas. Bisa dipastikan bahwa motherboard kamu mengalami kerusakan dibagian IC Chipset dan IC PSU yang menyebabkan chipset serta komponen lainnya menjadi panas.

Silahkan bongkar komputer kamu dan pastikan apakaha benar telah terjadi kerusakan pada motherboard. Oh iya, lihat apakah semua komponen motherboard sudah tersambung sempurna dengan socketnya. Jika permasalah tersebut masih muncul, bisa dipastikan bahwa motherboard yang kamu miliki mengalami kerusakan.



4. Tidak Bisa Booting

Ciri - ciri motherboard mengalami kerusakan adalah tidak bisa melakukan booting. Penyebab munculnya permasalahan ini karena power supply tidak normal dan terdapat banyak debu dan kotoran pada motherboard.

Solusi untuk mengatasi permasalah motherboard ini dengan cara mengganti power suppy dengan yang yang lebih besar dan bersihkan motherboard secara berkala dari debu dan kotoran yang menempel.


5. Processor dan Kipas CPU Tidak Berjalan

Kerusakan pada motherboard dapat menimbulkan permasalahan lain yakni kipas dari sebuah CPU dan processor tidak bekerja. Hal ini disebabkan karena motherboard tidak memberi aliran listrik pada kipas, sehingga kipas tidak bisa beroprasi.

Solusi untuk mengatasi hal ini dengan cara mengganti motherboard pada komputer kamu dengan motherboard yang baru.


6. Suara Bip Panjang dan Berkali-kali

Meski bukan kerusakan pada motherboad secara langsung, namun hal ini pula harus kamu perbaiki agar tidak merambat pada motherboard. Biasanya suara Bip panjang dan berkali - kali disebabkan oleh RAM yang rusak, RAM tidak cocok dengan motherboard, dan pemasangan RAM tidak sempurna.

Solusi untuk mengatasi permasalah yang 1 ini kamu bisa cek fisik RAM apakah baik - baik saja, ganti RAM jika mengalami kerusakan dan pastikan RAM terpasang dengan sempurna.


7. Permsalahan Pada BIOS

Ciri kerusakan pada motherboard yang paling terjadi biasanya mempengaruhi BIOS. Ada permasalah pada BIOS yang menunjukkan kerusakan pada motherboard, diantaranya :

  • Tidak mau masuk ke dalam BIOS
  • Tidak masuk ke dalam sistem operasi malah stuck di menu BIOS
  • Komputer menyala namun tidak muncul menu BIOS
  • Hanya muncul logo BIOS saja

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini, silahkan cari baterai CMOS pada motherboard dan cabut untuk beberapa saat. Kemudian pasangkan kembali, hal ini dilakukan untuk mereset kembali settingan BIOS nya. 

Jika cara ini belum berhasil, silahkan cara service komputer berpengalaman untuk memperbaiki hal tersebut.


8. IC Komponen Terbakar

Ciri - ciri motherboard mengalami kerusakan adalah IC komponen terbakar. Jika terjadi gangguan pada IC bisa mengakibatkan kerusakan pada motherboard. Terlebih jika IC mengalami konsleting dan terbakar.

Solusi untuk mengatasi hal ini yang bisa kamu lakukan adalah selalu menjaga suhu pada komputer agar tetap stabil.


9. Komputer Sulit Dihidupkan

Komputer sulit dihidupkan juga bisa menjadi ciri motherboard mengalami kerusakan. Namun sebelum menyimpulkan motherboard mengalami kerusakan, pastikan komputer / laptop kamu tidak sedang dalam mode sleep / hibernate.

Biasanya kasus komputer sulit dihidupkan karena IC Power yang bertugas untuk mendistribusikan tenaga listrik mengalami kerusakan. 

Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa IC bisa mengalami kerusakan karena suhu yang terlalu panas pada CPU.



10. Komputer Mati Total

Terakhir, ciri motherboard mengalami kerusakan adalah komputer mati total. Ciri motherboard rusak ini sangat parah dibadingkan dengan ciri - ciri sebelumnya. 

Sebelum menyimpulkan bahwa motherboard yang kamu miliki rusak, pastikan PSU komputer atau baterai laptop kamu baik - baik saja. 

Solusi untuk mengatasi hal ini terutama pengguna komputer, kamu bisa mengganti motherboardnya dengan yang baru.


Penutup

Berikut pembahasan mengenai ciri - ciri motherboard rusak dan cara mengatasinya. Bagaimana menurut kamu mengenai artikel diatas, apakah cukup membantu mengatasi permasalah kamu seputar motherboard ? 

Silahkan beri tanggapan jika kamu berhasil mengatasi permasalahan seputar motherboard di kolom komentar ya.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hardware hanya di infokuy.

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2020 Infokuy - All Rights Reserved