10 Ciri - Ciri Harddisk Rusak dan Cara Memperbaikinya !

Harus kamu ketahui ciri - ciri harddisk rusak dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum mengganti harddisk dengan yang baru, pastikan kamu penyebab, ciri, dan solusi mengatasi harddisk rusak.

Ciri - Ciri Harddisk Rusak

Memang harddisk merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah komputer/laptop. Harddisk sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan data.

Layaknya komponen elektronik lain, harddisk juga rentan mengalami kerusakan apabila jatuh, tebentur atau tertekan. Meski memiliki umur yang cukup panjang, namun performanya akan mengurang dari waktu ke waktu apabila sering digunakan.

Ketika harddisk mengalami kerusakan atau kondisinya kurang baik, biasanya akan menanpakkan tanda - tanda kerusakan. Sebelum kerusakan pada harddisk semakin parah, pastikan kamu mengetahui ciri harddisk rusak agar data yang tersimpan bisa diselamatkan.


Penyebab Harddisk Rusak

Kerusakan pada harddisk memang disebabkan oleh beberapa hal, bisa saja karena umur harddisk yang sudah mencapai batas hingga harddisk pernah terbentuk/jatuh. Tentu ada beberapa penyebab lain kenapa harddisk bisa mengalami kerusakan, diantaranya :

1. Umur Harddisk

Setiap elektronik, terutama komponen komputer pastinya memiliki jangka waktu penggunaan. Semakin lama digunakan, performa harddisk akan menurun. 

Ketika menggunakan komputer/laptop sering hang, crash, lambat dan menginstall ulang sistem operasi tidak bisa mengatasi masalahnya, pastikan kamu mengganti harddisk dengan yang baru.

2. Listrik Ke Harddisk Kurang

Ketidakstabilan Power Supply akan mempengaruhi kemampuan rotasi harddisk karena cakram di dalam harddisk tidak berputar dengan kecepatan yang tidak stabil. Dalam beberapa kasus akibat dari ketidakstabilan power supply dapat mengakibatkan bad sector.

3. Penggunaan Yang Berlebihan

Komputer/laptop yang digunakn secara terus menerus dalam waktu yang lama dapat merusak komponen di dalamnya, termasuk harddisk. Setiap perangkat elektronik, membutuhkan waktu istirihat untuk menurunkan suhu agar tidak overheat.

4. Terinfeksi Virus

Bisa jadi kerusakan pada harddisk disebabkan oleh infeksi virus. Ketika kamu browsing di internet dan mengunduh suatu aplikasi, bisa saja di dalamnya terdapat sebuah virus. Jadi pastikan kamu mengunduh sebuah aplikasi pada situs yang dirasa aman.

5. Harddisk Pernah Terbentur

Dalam suatu kasus, komponen harddisk yang kamu miliki pernah jatuh/terbentur. Bisa jadi, ada kerusakan pada cakram pemutar yang membuat harddisk tida bisa membaca filen di dalamnya.


10 Ciri - Ciri Harddisk Rusak

Ada beberapa ciri harddisk mengalami kerusakan yang bisa kamu ketahui, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Terdengar Suara Aneh Pada Harddisk

Ciri - ciri harddisk rusak yang bisa kamu temukan adalah terdengar suara aneh yang keluar pada harddisk. Jika kamu mendengar suara aneh tersebut terus menerus dan terdengar sedikit kencang. Itu merupakan tanda awal harddisk kamu akan rusak.

2. Overheat PAda Harddisk

Selanjutnya, ciri - ciri harddisk akan mengalami kerusakan adalah overheat pada komponen harddisk. Overheat sendiri disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan dan mengakibatkan komponen harddisk menjadi panas. 

Pastikan kamu menggunakan perangkat tambahan untuk mendinginkan komputer / laptop yang kamu miliki.

3. Tidak bisa untuk menginstall system operasi

Ciri kerusakan pada harddisk yang sering ditemukan adalah data atau file yang tersimpan pada harddisk kamu mengalami kerusakan.

Data yang tiba - tiba rusak tidak bisa kamu buka, meski sebelumnya kamu tidak melakukan apa - apa.

4. Data Mengalami Kerusakan

Ciri yang paling umum ketika harddisk mengalami kerusakan adalah data yang tersimpan dalam harddisk mengalami kerusakan.

Kerusakan pada data atau file yang tersimpan dalam harddisk tidak bisa kamu akses. Data yang rusak tersebut merupakan tanda bahwa harddisk yang kamu miliki mengalami kerusakan.

5. Mengalami Blue Screen

Salah satu ciri kerusakan pada harddisk biasanya ditunjukkan dengan terjadinya blue screen padak komputer/laptop yang kamu miliki. Meski penyebab blue screen itu beragam, namun kerusakan pada harddisk pun menjadi salah satu penyebabnya.

Jika kamu sudah menginstall ulang os berkali - kali namun tetap mengalami blue screen, mungkin ada kerusakan pada harddisk.

6. Muncul Kode Error Pada Laptop

Ketika harddisk mengalami overheat dapat mengakibatkan laptop sering merestart sendiri. Ketika system tidak bisa masuk ke dalam operasi system akan menampilkan peringatan kesalahan dan meminta melakukan booting ulang.

7. Harddisk Tidak Dapat Diformat

Ciri harddisk mengalami kerusakan adalah saat kamu melakukan formating data pada harddisk tidak bisa dilakukan/gagal.

Meski kamu berhasil memformat data pada harddisk, namun kapasitas harddisk tetap sama seperti sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena pada saat proses scanning data pada partisi tertentu mengalami kegagalan.

8. Performa Semakin Melambat

Ciri - ciri harddisk mengalami kerusakan adalah performa dari sistem kian menurun. Hal ini bisa menjadi ciri kerusakan pada harddisk komputer/laptop yang kamu miliki.

Ketika kamu mencari file atau dokumen terasa sangat lambat, bahkan sampai mengalami penundaan secara keseluruhan. Sebaiknya segera mengganti komponen harddisknya.

9. Harddisk Tidak Terbaca Oleh BIOS

Pada saat melakukan POST akan muncul error dengan pesan sistem tidak menemukan disk yang terdektesi. Ketika komputer/laptop direstart harddisk kembali terbaca.

Atau bisa saja ketika kamu sedang menggunakan komputer/laptop, tiba - tiba layar menjadi blank. Penyebabnya karena harddisk mengalami kerusakan, gagal melakukan self checking dan gangguan arus listrik pada harddisk.

10. Terdapat Kode - Kode Aneh

Kerusakan pada harddisk pula dapat menampilkan kode - kode aneh seperti ASCII, hieroglif, ares, ceres dan lainnya.

Meski kejadian seperti ini cukup langka karena tidak semua harddisk menampilkan kode yang sama.


Cara Memperbaiki Harddisk Rusak

Setelah mengetahui ciri - ciri harddisk rusak, tidak pas kalau belum tahu cara memperbaikinya. Untuk itu , saya akan menjelaskan cara memperbaiki harddisk rusak :

  • Pastikan operating system sudah terinstall dalam harddisk
  • Cek pada bagian kabel power supply yang tersambung ke harddisk, apakah sudak tertancap dengan benar atau tidak.
  • Pastikan kabel tersebut tidak mengalami kerusakan fisik
  • Jika mengalami A disk read error occured, silahkan cek kabelnya apakah baik - baik saja atau tidak, lakukan reset BIOS, lepas pasang bateari CMOS dan install ulang windows.
  • Jika harddisk yang kamu mengalami bad sector, buka CMD sebagai administrator lalu ketikkan perintah seperti ini "chkdsk /r /f c:" - lalu Enter


Penutup

Berikut pembahasan mengenai ciri - ciri harddisk rusak dan cara memperbaikinya. Bagaimana menurut kamu mengenai ciri harddisk rusak diatas, apakah cukup membantu mengatasi permasalah harddisk kamu ? 

Berikan tanggapan di kolom komentar jika solusi diatas bisa mengatasi permasalahan yang kamu hadapi.

Terimakasih telah berkunjung ke infokuy, nantikan artikel menarik lainnya seputar hardware hanya di infokuy.

Restu Kersana Calon Jenazah, pengen hidup enak tapi gini - gini aja.

Belum ada Komentar untuk "10 Ciri - Ciri Harddisk Rusak dan Cara Memperbaikinya !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close