Ketahui Penyebab dan Ciri - Ciri Baterai Laptop Mulai Rusak !

Ketahui penyebab dan ciri - ciri baterai laptop kamu mulai rusak. Pastikan kamu mengetahui kerusakan pada baterai laptop sedini mungkin agar bisa terhindar dari kerusakan yang cukup fatal. Untuk itu, ikuti artikel mengenai ciri - ciri baterai laptop mulai rusak versi infokuy.

Penyebab dan Ciri - Ciri Baterai Laptop Mulai Rusak

Salah satu komponen laptop yang sangat penitng adalah baterai laptop, fungsi utama dari baterai laptop adalah untuk menyimpan dan menyuplai daya listrik pada laptop. Dengan adanya baterai, kamu bisa menggunakan laptop tanpa harus adanya suplai listrik dari charger.

Setelah mengetahui betapa pentingnya baterai pada laptop, tentu kamu harus menggunakan laptop tersebut dengan benar agar baterai laptop tetap awet. Jika performa baterai laptop terlanjut menurun, lantas apa penyebab baterai laptop mulai mengalami kerusakan ?

Untuk itu, saya akan menjelaskan penyebab dan ciri - ciri baterai laptop mulai mengalami kerusakan. Kuy baca !


Penyebab Baterai Laptop Mulai Rusak

Ada beberapa penyebab baterai laptop kamu bisa mengalami kerusakan. Untuk itu, kamu harus mengetahui beberapa penyebab ini agar tidak menimpa laptop kamu.

1. Tidak langsung di changer ketika baru beli

Kesalahan fatal ketika kamu membeli laptop baru adalah tidak langsung mencharger setelah kamu membelinya.

Tidak hanya laptop, ketika kamu membeli handphone baru pun harus di charger terlebih dahulu sebelum menggunkaannya.Karena laptop dalam kondisi baru kapasitas baterai laptop tidak dalam posisi penuh bahkan kosong.

Oleh karena itu, kamu harus mencharger laptop tersebut sampai baterai terisi penuh. Jangan sampai melakukan kesalahan ini, karena akan berakibat fatal pada performa laptop tersebut.

2. Menggunakan laptop sambil di charger

Nah kalo penyebab yang satu ini pasti sering kamu lakukan ketika menggunakan laptop. Menggunakan laptop sambil di charger itu bisa membuat laptop kamu mudah bocor.

Tapi, ada beberapa laptop ketika di charger akan meningkatkan performa laptopnya. Sebaiknya sih jangan terlalu sering melakukan kebiasaan ini agar performa baterai kamu tetap bagus. Lebih baik kamu charger terlebih dahulu sampai baterainya full, lalu gunakan lagi.

3. Charger tidak dicabut ketika baterai sudah full

Tentu kebiasaan yang satu ini bisa membuat baterai laptop kamu bocor. Kebiasan buruk ini tidak boleh dilakukan terus menerus, karena akibatnya sangat fatal untuk baterai laptop kamu.

Sebaiknya kamu memperhatikan waktu pengisian dayanya, jangan sampai charger laptop terus tertancap meski baterainya sudah full karena bisa mengurangi performa baterainya.

4. Laptop dibiarkan mati total

Jangan sampai laptop kamu kehabisan baterai sampai mati total, hal ini bisa membuat bateraii laptop kamu cepat bocor. Apalagi jika dilakukan secara berulang, akan berakibat sangat fatal.

Ketika kamu sedang bekerja, bermain game atau menonton film, selalu perhatikan indicator baterainya. Jika baterai laotp kamu sudah mencapai 20 persen, sebaiknya lakukan pengisian daya terlebih dahulu.

Jika laptop yang kamu miliki jarang digunakan, pastikan baterai laptopnya memiliki daya yang cukup banyak dan simpan di tempat yang tidak lembab.

5. Pencahayaan laptop terlalu terang

Memang terlihat sepele, namun layar laptop yang pencahayaannya terlalu terang bisa membuat baterai laptop kamu bocor lho.

Selain itu, pencahayaan laptop yang berlebihan pun sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Sebaiknya atur pencahayaan senyaman mungkin, jangan terlalu redup atau terlalu terang. 

6. Sering menggunakan colokan bercabang

Mungkin beberapa orang pernah melakukan hal ini, karena dianggap bisa lebih hemat pemakaian. Nyatanya, melepas baterai laptop terus menerus bisa membuat baterai laptop bocor.

Jika terlalu sering melepas baterai dan langsung mencolokkan charger laptop ke aliran listrik tanpa perantara baterai, membuat resiko kerusakan pada komponen laptop semakin besar.

Jika kamu masih percaya anggapan ini benar, nyatanya hanya bisa menyebabkan laptop mengalami kerusakan. Lebih baik tetap menggunakan baterai ketika melakukan pengisian daya dan pastikan laptop dalam keadaan mati.

7. Terlalu banyak aplikasi yang di buka

Ternyata, colokan bercabang pun bisa menjadi penyebab laptop bocor lho. Karena mencharger laptop ke colokan bercabang membuat aliran listrik tidak stabil.

Setelah mengetahui beberapa penyebab laptop mulai rusak, kamu bisa menilai sendiri penggunaan laptop kamu seperti apa. Apakah poin - poin diatas sering kamu lakukan atau tidak ? Jika sering, sebaiknya jangan dilakukan lagi agar performa baterai kamu tetap bagus.


Ciri - Ciri Baterai Laptop Mulai Rusak

Baterai laptop mulai mengalami penurunan performa bisa disebabkan oleh beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya. Gejala kerusakan sering kali terlihat jelas atau tidak terlihat. Jika kerusakan pada baterai laptop tidak terlihat, biasanya akan disadari setelah kerusakannya semakin parah.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri - ciri baterai laptop mulai mengalami kerusakan.

1. Baterai laptop mengalami perubahan bentuk

Seperti halnya pada baterai smartphone, baterai laptop pun bisa mengalami perubahan fisik lho.

Tidak jarang ada baterai laptop yang membengkak saat mengalami kerusakan. Hal ini bisa terjadi lantaran laptop sering digunakan sambil di charge.

Sebaiknya, jangan melakukan kebiasaan yang satu ini, karena bisa berakibat fatal untuk kesehatan baterai laptop kamu. 

2. Daya simpan cepat berubah

Masalahnya yang satu ini memang sering muncul ketika baterai laptop mulai rusak. Biasanya baterai laptop akan cepat penuh ketika di charger dan dalam waktu singkat baterai kapasitanya langsung 100%.

Namun yang jadi masalah, ketika kabel charger dicabut, baterai laptop sangat cepat habis dibandingkan sebelumnya. Nah perlu kamu ketahui, perubahan tersebut diakibatkan baterai bocor. Penyebabnya pun cukup beragam, pastikan kamu tidak melakukan kebiasan buruk seperti yang dijelaskan pada poin - poin diatas.

3. Pengisian baterai tidak sempurna

Ciri baterai laptop mulai rusak bisa kamu lihat pada saat pengisian baterainya. Baterai laptop mulai rusak ketika pengisian daya tidak bisa mencapai 100% meski di charge berjam - jam.

Bahkan, ada baterai laptop yang pengisian dayanya hanya mencapai belasan hingga 50% saja. Masalah ini sering terjadi pada baterai KW atau imitasi. Pastikan kamu membeli laptop dari tempat yang dapat dipercaya agar hal seperti ini tidak menimpa kamu.

4. Baterai tidak bisa menampung daya

Nah permasalah yang satu ini sering dialami oleh orang - orang yang mempunyai laptop. Jika baterai laptop sudah mengalami kerusakan yang sangat parah, tidak peduli di charger selama apapun, daya pada baterai laptop tidak bertambah.

Saya sarankan untuk segera mengganti baterai laptop dengan yang baru jika kasus ini menimpa kamu.

5. Muncul indicator peringatan pada baterai

Terakhir, ciri lain baterai laptop mulai rusak adalah munculnya tanda silang berwarna merah pada indikator baterai.

Ketika kamu mengarahkan mouse ke indikator tersebut, nanti akan muncul peringatan seperti ini :

0% available ( plugged in, not charging ) Cosider replacing your battery. 

Tapi, bisa juga peringatan lain yang menyatakan bahwa laptop tersebut tidak bisa menerima daya dan kamu perlu segera menggati baterai laptop tersebut.

Tapi dibeberapa kasus, baterai laptop tidak benar - benar rusak tapi muncul indikator tersebut. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Terdapat suatu bug pada sistem
  • Kondisi baterai sudah memang harus diganti
  • Belum terupdatenya sistem windows
  • Salahnya perawatan baterai atau sering cabut pasang baterai
  • Proses CDC (Charge disCharge) dimana kamu melepas baterai ketika penuh dan mencolok charger lagi ketika baterai melemah.

Jika baterai kamu baik - baik saja tapi mengalami hal ini, kamu bisa ikuti cara mengatasi Consider Replacing Your Battery.


Kesimpulan

Memang secara umum, baterai laptop akan mengalami penurunan performa setelah 6 bulan sejak pemakaian pertama. Sisanya tergantung kamu bagaimana menggunakan laptop tersebut agar baterainya tetap awet. Saya sarankan, hindari kebiasan buruk yang sudah dijelaskan pada poin - poin penyebab baterai laptop mulai rusak.

Nah, setelah kamu mengetahui penyebab dan ciri - ciri baterai laptop mulai rusak, kedepannya kamu bisa lebih berhati - hati dalam menggunakan laptop.

Referensi bacaan :

https://www.cekaja.com/info/hal-yang-membuat-baterai-laptop-bocor
https://pandagila.com/ciri-ciri-baterai-laptop-mulai-rusak/
Restu Kersana Calon Jenazah, pengen hidup enak tapi gini - gini aja.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Penyebab dan Ciri - Ciri Baterai Laptop Mulai Rusak !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close